Kelas XII IPA 3

Silakan masukkan tugas Anda dalam kolom yang disediakan. Jangan lupa menuliskan e-mail Anda!

16 comments

  1. Di manakah letak rasa kemanusiaan itu sekarang?

    Betapa sedihnya aku melihat ketika aku jalan –jalan bersama adik sepupuku, ada seorang ibu tua dengan baju compang –camping,dan perutnya yang besar duduk di emperan jalan dengan wajah yang kusam.Aku tidak mengetahui hal itu kalau adik sepupuku tidak memberitahukanku bahwa ibu itu mengalami gangguan jiwa dan sedang mengandung.Kemudian tanpa tak sadar kakiku melangkah dengan perlahan – perlahan mengarah ibu itu,dan adik sepupuku mencoba untuk mencegahku ke sana karena dia ketakutan.Tetapi apa?cegahan adik sepupuku tak mempan dariku.Setelah itu, arahku sudah sampai kepadanya sedangkan arahku jauh dari adik sepupuku.Dengan rasa khawatir dan juga disertai takut,aku mencoba mendekatinya dan melihat wajahnya dari arah dekat.Kemudian bagaimana kejadian selanjutnya?Dia menatapku dengan tajam dan mulutnya yang komat kamit sambil berkata dasar laki – laki semuanya buaya,dia hanya ingin menikmati tubuhku saja,bagaimana dengan anak di rahimku ini,apakah mati lagi.kemudian berbicara tak jelas.Dan akupun langsung menjauh dan pergi jauh bersama adik sepupuku.Dua tahun kemudian aku bertemu lagi dengan ibu itu,bagaimanakah nasib ibu itu sekarang?Dia hamil lagi,dan akupun tidak melihat anak yang dikandungnya dulu,apakah anak itu mati atau keguguran.allahuallam!

    Kejadian di atas merupakan tindakan yang bejat,di mana laki – laki yang tidak bermoral tega memperkosa orang gila hanya untuk melampiaskan napsu birahinya bahkan banyak berita mengabarkan bahwa ada seorang laki – laki yang melampiaskan napsunya ke hewan,bahkan ayahnya tega memperkosa anak kandungnya sendiri,kakek yang memperkosa cucu kandungnya sendiri,dan banyak perbuatan bejat yang di lakukan orang sekarang.

    Akupun berpikir di manakah letak rasa kemanusiaan itu sekarang? Rasa kemanusiaan kini berkurang karena lemahnya iman,tidak bisa mengatasi hawa napsu,kekerasan rumah tangga,dan faktor lingkungan yang sesat.Sebaiknya Kita jangan sekali – kali mengikuti perbuatan yang sesat itu,berpikirlah positip,dan bertakwalah kepada allah agar kita bisa terhindar dari perbuatan sesat itu,dan jadikanlah kita sebagai contoh yang baik bagi generasi – generasi depan nanti.

  2. SEPAKBOLA

    Bambang Pamungkas. Nama itu sudah tidak asing lagi di telinga rakyat Indonesia, khususnya para pecinta sepakbola. Pemuda berumur 27 tahun ini telah beberapa kali menyandang predikat pemain sepakbola terbaik di Indonesia. Hal itu tentu saja dikarenakan ketangguhannya saat di lapangan. Laki-laki yang juga sering dipanggil Bepe ini tidak hanya bisa bermain sebagai penyerang, tetapi juga sebagai gelandang. Bahkan dia juga bisa bermain di lini pertahanan.

    Saat ini Bepe bermain di klub Persija Jakarta sebagai seorang striker sekaligus kapten. Dia juga mendapatkan gelar pemain termahal di Indonesia. Bepe juga membela Timnas Indonesia saat berlaga di kancah internasional. Tidak tanggung-tanggung, dia telah beberapa kali menyumbangkan gol bagi negara yang sangat dicintainya ini. Bambang sering disebut-sebut sebagai Raja di Udara, itu karena kehebatanya saat menyundul bola. Walaupun tidak dikaruniai tubuh yang tinggi, tapi Bepe telah beberapa kali menciptakan gol melalui kepalanya.

    Akan tetapi, saat ini Bepe sedang diselimuti kabut hitam. Pasalnya, dia telah gagal membawa Persija menjadi juara. Ini adalah kekalahan yang kedua pada tahun ini, setelah pada partai semifinal Copa Indonesia beberapa bulan yang lalu saat Persija dikalahkan oleh Persipura. Tidak hanya itu, meninggalnya salah seorang suporter Persija atau yang sering disebut The Jack Maniadisebabkan tawuran antar suporter, membuat Bepe dan kubu Persija semakin berduka.

    Akhir-akhir ini memang sering sekali terjadi kericuhan dalam pertandingan sepakbola. Bukan hanya dalam pertandingan Persija, tapi juga dalam pertandingan tim lain. Memang, suatu pertandingan sepakbola khususnya sepakbola Indonesia tidak pernah lepas dari kata tawuran. Tawuran sudah menjadi sebuah tradisi bagi para suporter sepakbola.

    Kericuhan itu disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, ketidakpuasan suporter atas kepemimpinan wasit dan sering juga disebabkan adanya adu mulut antar suporter. Suporter memang selalu dijadikan kambing hitam apabila ada kerusuhan dalam setiap pertandingan sepakbola. Padahal keributan itu tidak hanya dikarenakan oleh suporter. Andai saja wasit bisa lebih adil dalam mengambil keputusan, mungkin kericuhan antar suporter akan berkurang.

    Semoga saja pada tahun-tahun berikutnya tidak ada lagi yang namanya tawuran dalam pertandingan sepakbola, dan persepakbolaan Indonesia bisa menjadi lebih maju, baik itu di ajang nasional maupun internasional. Ingat! no tawuran, no anarki, dan just good football Indonesia! Bravo sepakbola!

  3. Enaknya Makan di Food Court

    Sekarang di kotaku ada Mall. Letaknya di pusat kota, yang disebut Duta Mall. Semua orang di kota Banjarmasin suka berjalan-jalan ke sana. Berbagai macam toko yang menarik ada di sana. Seperti Supermarket, toko makanan, toko baju, toko pernak-pernik yang lucu dan lain-lain.

    Setiap akhir pekan saya dan keluarga pergi ke sana. Biasanya kami makan di Food Court yang berada di lantai 4. Di sana ada berbagai macam jenis makanan. Ayah saya suka makan masakan Padang, ibu saya suka makan masakan Banjar, kakak saya suka makan steak, sedangkan saya suka makan nasi goreng.

    Disana makanannya enak-enak. Ditambah lagi dengan suasananya yang ramai. Menurut saya makan di sana cukup unik, karena kita harus bayar terlebih dahulu untuk mendapatkan makanan. Tidak seperti tempat makan pada umumnya. Sebenarnya cukup merepotkan, tapi bagi kami itu tidak masalah.

    Makan di Food Court memang mengasyikkan dan menjadi alternatif pilihan bagi kami sekeluarga untuk menghabiskan akhir pekan sambil makan-makan.

  4. PENYESALAN

    Mengapa kita harus bertremu?
    Jika akhirnya ku harus seprti ini…
    Mengapa kita harus bertemu?
    Jika akhirnya kau tinggalkan ku pergi?

    Itulah reff lagu yang dibawakan oleh The Flow. Mengapa dalam kehidupan selalu ada penyesalan Seteleh semuanya berlalu begitu saja?. Apakah penyesalan itu merupakan kebiasaan setiap orang?. Apakah penyesalan itu harus ada setiap kita bertindak?. Tapi mengapa?

    Hampir semua orang pernah menyesal seperti aku yang menyesal karena keegoisdanku. Aku bertrindak tanpa berpikir , tanpa hati, dan tanpa perasaan. Karena aku telah memutuskan tali kasih secara sepihak. Padahal sudah hampir setengah tahun kami pacaran. Tetapi pada akhirnya aku[un menyesal karena aku tahu aku salah dalam mengambil keputusan. Tapi jujur dalam hatiku , aku masih sayang. Seksarang aku harus kehilangannya dengan perasaan menyesal yang menyelimuti hatiku ang sedang menangis ini.

    Karena itulah kita harus berpikir dulu sebelum bertindak. Jangan sampai ada penyesalan yang datang karena tindakan egois yang menguasai. Tidak untuk cinta saja penyesalan itu ada, tetapi penyesalan itu juga ada untuk tindakan – tindaka yang lainya.

    Menyesal , menyesal dan menyesal. Itulah kata – kata yang akhirnya terucapkan. Ku sesali tanpa kesadaranku.

    By : firda Girly 28….

  5. Kamu Dimana ??

    Kunci !! Kita semua pasti mengetahui apa itu kunci ?? Kunci hanya benda berukir kecil,namun sangat diperlukan. Terkadang kita tidak bisa melakukan sesuatu kalau tidak ada kunci. Seberapa berartikah kunci itu ?? Menurutku, SANGAT !! Bagaimana denganmu ??
    Sering kita meremehkan keberadaan kunci, padahal apabila kita kehilangan kunci gelisahnya minta ampun. Bahkan kita mungkin tidak bisa masuk ke rumah kita sendiri karena kehilangan kunci. Karenanya, orang membuat kunci serep atau kunci cadangan sebagai antisipasi.
    Banyak orang yang sering lupa dengan kuncinya. Bahkan mungkin Anda yang sedang membaca esai ini !! Saya mempunyai teman yang “suka” sekali melupakan kunci kendaraannya, saya sendiri bingung apakah dia tidak bosan selalu berkecimpung dalam kebingungan saat mencari kuncinya yang hilang. Saya sudah memberi saran kepadanya untuk memakai aksesoris yang besar dan mencolok sehingga dia selalu teringat pada kuncinya. Namun, itu rupanya tidak berpengaruh, dia sudah sering berganti-ganti aksesoris kunci bahkan yang talinya besar dan panjang. Tetap saja, hilang lagi, hilang lagi.
    Dia pun pernah bercerita dengan saya kalau Pak Satpam yang ada di sekolahnya sudah bosan melihat mukanya karena hampir setiap hari sepulang sekolah dia mencari-cari kuncinya yang akhirnya selalu ada di kantung Pak Satpam. Bahkan Pak Satpam pernah menjahilinya dengan pura-pura tidak mengetahui dimana kuncinya, dia hampir saja menangis karena sudah berpuluh-puluh menit mengelilingi sekolah di bawah terik matahari mencari kuncinya. Saya tidak mengerti, apakah dia orang yang ceroboh atau sering lupa ingatan ? Khususnya, masalah kunci. Saya dan teman-teman yang lain sering pergi jalan-jalan dengannya, namun terkadang pulang ke rumah harus telat karena mencari kunci terlebih dahulu. Kuncinya bisa berada dimana saja, di kantung, terselip di dalam tas, tercecer di jalan, bahkan bisa berada di kendaraannya. Beruntungnya, dia selalu mendapatkan kuncinya.
    Saya juga mempunyai pengalaman dan baru saja terjadi, kira-kira 2 hari yang lalu saya pergi ke Mall dengan kakak saya. Kami asyik berbelanja di Hypermart, kurang lebih setengah jam kemudian kami bergegas pulang karena takut pulang terlalu malam. Di tengah jalan menuju tempat parkir kakak saya bertanya apakah kunci ada dengan saya, saya pun menjawab dengan pasti kalau kunci itu ada di tangan saya. Saat kami sudah berada di depan kendaraan ternyata kakak saya meminta kunci kendaraannya, spontan saya jawab tidak ada karena semenjak sampai di Mall saya benar-benar tidak memegang kunci kecuali kunci rumah saya. Kami ternyata salah paham, saya pikir kakak saya menanyakan kunci rumah, dan kakak saya pikir kunci kendaraan berada di tangan saya. Kami bingung dimana kunci kendaraan itu berada, kami sudah bertanya dengan petugas, namun tidak ada yang tau. Akhirnya kami memutuskan untuk melakukan kembali apa yang telah kami lakukan sebelumnya,yaitu masuk kembali ke Mall dan Hypermart melalui jalan yang sama dan menundukkan kepala dengan harapan ada kunci yang kami cari. Dan sesampainya di tempat parkir untuk yang ketiga kalinya ternyata tidak ada hasil. Kakak saya sudah mulai gelisah dan capek karena kami harus bolak-balik mencari kunci. Entah kenapa saya merasa tenang-tenang saja. Mungkin karena saya pernah membaca sebuah tulisan di buku teman saya bahwa sebenarnya saat permasalahan itu muncul maka saat itu juga ada solusinya. Saya merasa yakin solusinya pasti ada. Mulai dari kami tau bahwa kunci kendaraan kami hilang saya sudah menyuruh kakak saya untuk menelepon ayah saya, tetapi kakak saya lebih memilih untuk mencari kunci terlebih dahulu dan itupun tidak ketemu. Kakak saya pun pasrah dan akhirnya mau menelepon ayah saya. Ternyata ada kunci cadangan di rumah, ayah saya pun segera berangkat menyusul kami ke Mall. Akhirnya kami lega.
    Saya merasa bersyukur pernah membaca sekilas buku teman saya itu karena pesan di buku itu menurut saya sangat bermakna. Walaupun hanya sebuah kalimat tapi dapat mengubah sikap saya, sekarang saya bisa menjadi lebih tenang dalam menghadapi masalah. Saya pun tidak ingin berlaku ceroboh, karena berdasarkan pengalaman-pengalaman yang saya maupun orang lain lakukan itu sangat menyita waktu. Sayang kalau waktu terbuang hanya karena kata LUPA !! Betul ?? Sekarang kita tau bahwa Ceroboh itu tidak ENAK !! Dan kita pun tau betapa pentingnya kunci, ternyata kunci bisa membuat kita salah paham, bisa membuat kita gelisah, bisa membuat kita menangis, dan bisa membuat kita seperti orang yang kebingungan. Mungkin tanpa kunci orang tidak bisa pergi, tidak bisa datang, tidak bisa masuk dan tidak bisa keluar. Jadi, jangan lupakan kunci !!

  6. DARIMANA CINTA SEJATIMU BERASAL?
    Dulu aku percaya saja kata orang, bahwa cinta sejati hanya dating seklai seumur hidup. Kata orang juga, cinta sejati itu hakiki. Sebenarnya cinta dari siapa dan utuk siapa saja yang bisa dikatakan hakiki? Dari kekasih? Sahabat? Atau siapa?

    Beberapa waktu terakhir, aku mulai senang mendengarka keluh kesah ( atau lazim di sebut CURHATAN) dari teman – teman sekelasku. Kadang aku merasa menjadi Psikiater dadakan. Walaupun cerita mereka beragam, tetpi ada perasaan lain yang menyenagkan saat mereka bercerita. Tidak hanya dari teman sekelas, terkadang aku juga mendengar cerita dari remaja sebayaku dari seluruh banjarmasin. Meski tidak secara langsung melainkan hanya melalui agara bimcang – bincang di stasiun radio favoritku.

    Sungguh luar biasa yang aku dengar. Sebagian besar cerita yang aku dengar bererah kepada hubungan mereka dengan kekasih masing-masing. Dari yang aku denar, ternyta cinta yang diterima dari sang pujaan hati terlalu banyak yang menyakitkan ketimbang menyenangkan. Karena cinta itu lama kelamaan akan memudar dimakan waktu dan perasaan bosan. Lantas masih pantaskah dikatakan bahwa cinta hakiki itu dating dari kekasih?

    Jika cinta sejati itu di katakana dating dari ikatan persahabatan, lalu mengapa bisa timbul istilah “TEMAN MAKAN TEMAN”? dan mengapa masih bnyak beredar cerita shabat yang “ditusuk” sahabatnya dari belakang?. Kemudian masihkah cinta sejai nan hakiki itu datangnya dari sahabat?

    Lalu kubandingkan beragam jenis cinta yang aku dengar dega cinta yang selama 17 tahun masa hidupku aku rasakan. Cinta yang diberikan oleh 2 orang yang paling pertama aku kenal. Cinta dari ayah bundaku. Luar biasa sekali perbedannya.

    Banyak sebutan yang di berikan untuk sang pemberi cinta hakiki itu. Ayah ibu, abi umi, mama papa, dan lain lain.mereka memberikan kita cinta tak hanya saat kita perlukan melainkan setip saat tanpa di minta. Mereka tak hanya berian pelukan saat kita merasa dingin , tapi juga saat terik menyerang. Tak perlu punya orang tua kaya raya untuk merasakan cinta mereka. Cinta itu bisa terasa walaupun hanya lewat sebungkus nasi yang di makan bersama. Cinta itu akan terasa dan maikn dalam terasa saat kita jatuh dan terpuruk. Lantas apalagi yang bias kita pungkiri atas ketulusa dan ehakikian cinta mereka?

    Tapi megapa kita lebih senang menghamburkan rupiah untuk hadiah kekasih dibandingkan memberikan senyum tanda bakti kepada ayah bunda?. Mengapa ita lebih tertarik meghabiskan waktu berjam – jam ke pusat perbelanjaan bersama teman ketimbang sekedar duduk dirumah menemani orang tua makan?

    Maka sahabat, kurasa sudah selayaknya kita berusaha membalas cinta luar biasa itu dengan bakti sederhana yang kita punya.

    Salam manisku untuk seluruh ayah bunda di jagat raya……

  7. KUCING

    Semua orang pasti sudah mengenal,tahu,dan pernah melihat serta menjumpai hewan ini.Kucing adalah hewan yang sangat lucu dan manis.Dia bisa berada di setiap tempat.Di rumah,di sekolah,di pasar,di jalan,dan di berbagai tempat lainnya kita bisa berjumpa dengan kucing.Kucing bisa hidup dengan dipelihara oleh manusia ataupun kucing yang hidup liar.

    Pada dasarnya sifat semua kucing itu sama.Tetapi apabila mereka dipelihara oleh manusia sifat dan kelakuan kucing itu bisa berubah.Dia bisa menjadi seekor kucing yang pesolek,suka tidur atau malas-malasan,manja,yang pastinya dia tahu dengan namanya sendiri.Kucing peliharaan yang terbiasa hidup bersih,biasanya dia selalu membersihkan badannya setiap dia punya waktu luang,everytime and everywhere,dengan menjilati tubuhnya seakan-akan dia tidak ingin seekor kutupun hinggap di tubuhnya.Kucing jenis ini biasanya kerjaannya hanya makan,mandi,dan tidur,mereka lebih memilih malas-malasan di rumah (bermain dengan tuannya) dari pada bermain di luar.

    Kucing yang telah dipelihara oleh manusia otomatis akan mengerti dengan bahasa manusia.Kita bisa saja menyuruhnya untuk melakukan sesuatu yang ringan,contohnya kita bisa saja memyuruhnya duduk dengan menepuk-nepukkan tangan kita ke lantai (bahasa isyarat),layaknya kita menyuruh seseorang untuk duduk di dekat kita.Bahkan ada juga kucing yang langsung mengerti apabila kita mengucapkan kata “Duduk!” atau “Hey manis,ayoduduk disamping ku!”,maka dia akan langsung duduk di samping atau di dekat kita.Kita juga bisa melarangnya bermain keluar dan menyuruhnya tidur.Kita bisa menidurkannya dengan membawanya tiduran di samping kita,sambil kita elus-elus dia,layaknya menidurkan anak kecil,sampai dia tertidur pulas.

    Ada beberapa myth tentang kucing.Tetapi yang paling menarik perhatianku adalah myth tentang “Mengapa kucing sangat membenci tikus?” dan “Mengapa kucing tidak termasuk ke dalam 12 shio?”,12 shio ini di Jepang disebut dengan juunishi.Cerita tersebut bermulai ketika dewa pada zaman dahulu mengadakan sebuah pesta dan mengundang kucing dan 12 hewan yang termasuk dalam 12 shio.Pada sore hari sebelum pesta dimulai pada malam harinya,sang kucing tertidur dan minta dibangunkan oleh sang tikus.Tetapi ternyata ketika pesta sudah dimulai,sang tikus pergi bersama 11 hewan lainnya tanpa membangunkan sang kucing.Sang kucing pun terbangun,tetapi pesta tersebut sudah dimulai sehingga dia tidak bisa pergi ke pesta tersebut.Sejak itulah sang kucing menjadi dikucilkan oleh hewan lain dan dia menjadi sangat membenci tikus.Hal itulah yang menjadi sebab “Mengapa kucing tidak termasuk ke dalam 12 shio(juunishi).Dan masih banyak lagi versi-versi cerita tentang kucing.

    Kucing memang kucing yang paling lucu dan manis.Walaupun banyak orang yang mengatakan bulu kucing bisa membuat kita mandul,tapi aku tidak menghiraukan semua itu.Aku adalah seorang catsmania,sampai-sampai aku merasa “no day without cats”.

  8. Kenakalan anak remaja (Juvenily Deliquency)

    Aku berjalan sebagai orang biasa yang pada saat itu
    sedang melakukan kegiatan malam ibadah,kulihat
    teman-temanku yang sedang asyik bercemooh,ejek-ejekan
    sesamanya,salah satu seseorang berkata bahwa “aku
    sumpah demi mamaku mati aku tidak tahu apapun
    …”sambil ngerokok dengan asyiknya tertawa lebar
    seperti setan tertawa.Tak lagi seperti malam ibadah
    tapi seakan menjadi malam kemaksiatan.Aku hanya
    melihat dan berpikir sejenak,apakah itu baik segalanya
    untuk kita?? Aku yakin dengan seyakinnya pasti kau
    menjawab tidak.Berkata dengan PeDenya bahwa merokok
    itu baik untuk kesegaran otak,malam ibadah sangat
    ramai jika diikuti dengan banyak orang,weleh-weleh
    rupanya hanya mengandalkan keramaian pada malam
    itu,sepintar apapun orang mengatakan itu aku akan
    mengatakan bodoh.Kenapa?? Karena sudah menjadi fakta
    rokok sangat tidak baik untuk kesehatan dan meliputi
    semua organ dalamnya.Betul tidak? Apakah remaja itu
    disebut anak nakal??

    Sebelumnya apa yang kita pikirkan tentang anak zaman
    sekarang?? 8 dari 10 orang yang berbicara,mengatakan
    remaja zaman sekarang sudah edan!! Orang berpikir
    remaja sekarang tidak lagi mencerminkan sebuah masa
    depan yang cerah dan mempunyai harapan yang banyak
    dari orang yang menyayanginya dan yang mereka sayangi.
    Berbicara tentang masa depan,apakah kau mempunyai
    masa depan yang baik??Hmm…

    Remaja sekarang sudah edan dan nekat,mengapa??Aku akan
    menjawab karena pergaulan yang bebas dan kurangnya
    pengetahuan norma-norma agama pada remaja
    sekarang.Bagaimana jadinya bangsa ini kalau
    generasi-generasi mudanya tidak lagi menghiraukan masa
    depan dirinya dan bangsa kita ini,toh kalau bukan kita
    siapa lagi yang meneruskan dan memimpin bangsa ini??
    Faktor yang membuat kenakalan remaja,selain
    pergaulan yang sangat bebas dan kurangnya iman dalam
    diri seseorang juga salah satunya adalah kurangnya
    perhatian dan kasih sayang dari orang tua dan kasih
    sayang dari orang yang disayanginya.Bagaimanapun juga
    orang tua yang memegang pengaruh pada anak mulai dari
    kesopanan,keagamaan,sifat terutama prestasi anak.

    Apa saja kenakalan anak remaja sekarang?? Melawan
    orang tua kita,tawuran antar geng-geng sekolah,seks
    bebas,mengonsumsi obat-obat
    terlarang,dugem,kebut-kebutan,dll.Sudah banyak terjadi
    di lingkungan sekitar kita.Apa yang terjadi sehingga
    kenakalan yang sangat fatal itu terjadi? Sudah
    dikatakan banyak faktor yang menyebabkannya
    diantaranya yang sangat fatal yaitu misscomunication
    dengan orang tua.

    Dan kita ketahui masa remaja kita ini merupakan masa
    labil pada diri kita. Dimana saat itu timbul rasa
    ingin menunjukkan diri ”ini aku”. sikap meniru
    pada diri kita merupakan suatu bentuk dari masa
    pubertas yang dialami oleh keadaan jiwa yang masih
    labil.Artinya jika kita tidak bisa mengontrol diri
    kita sendiri, maka perbuatan iseng dan kenakalan
    sangat mudah sekali terjadi.Menurut aku perkembangan
    zaman saat ini adapun yang menjadi faktor-faktor
    penyebab kenakalan remaja yaitu tayangan-tayangan
    televisi yang kurang mendidik anak bangsa,yang akan
    menimbulkan niat remaja untuk meniru adegan-adegan
    yang disaksikan pada isi program televisi
    tersebut.Khususnya menyangkut masalah pergaulan remaja
    sekarang yang semakin berani mengedepankan nilai-nilai
    budaya luar yang tidak sesuai dengan adat budaya
    bangsa. Sehingga rasa ingin tahu untuk mencontoh
    berbagai tayangan tersebut yang dinilai kurang
    memberikan nilai moral bagi perkembangan remaja
    membuat mereka tertarik. Dan rasa ingin untuk mencari
    sensasi pun timbul dengan meniru tayangan-tayangan
    tersebut.

    Oleh karena itu perlunya pemerintah dengan tegas
    memberi sanksi atau melarang tayangan-tayangan yang
    merusak moral-moral adat budaya bangsa.Berharap
    tayangan tidak lagi yang merusak dan memberikan
    didikan bagi kita dan demi bangsa.

    Generasi muda adalah cerminan dari bangsa kita
    kedepan. Mari kita jaga generasi muda kita saat
    ini…………..

    Cintailah negerimu seperti kau mencintai dirimu
    sendiri………
    TABIK!!

  9. Pasar digusur, Bangunan mewah…???

    Siapa yang mau digusur dari tempat mencari nafkahnya setiap hari? Ada yang masih mempunyai anak kecil – kecil, ada yang sudah tidak punya apa – apa lagi setelah mata pencaharian mereka dihancurkan oleh eskapator yang ganas. Bahkan ada seorang ibu – ibu yang pingsan ketika terjadi penggusuran demi tempat pencarian biaya hidupnya. “

    Semua ini untuk mengembalikan tempat – tempat yang dulunya berwarna hijau kembali menjadi hijau lagi dengan cara penghijauan,”ucap si Gubernur.

    Kenapa baru sekarang?

    Mereka di sana sudah berpuluh – puluh tahun.

    Bagaimana jika itu terjadi pada mereka yang tega menghancurkan seluruh isi pasar?

    Lalu bagaimana dengan bangunan – bangunan yang tinggi dan mewah yang ada di sekitarnya? Kenapa tidak digusur juga?

    Apakah pemerintah takut dengan bangunan tinggi dan mewah itu?

    Haruskah pemerintah kota lebih takut kehilangan uang pelicin dari pada dosa karena harus mengorbankan saudara – saudaranya di pasar?

    Seharusnya pemerintah lebih memikirkan rakyat kecil yang ada di pasar, bukan yang ada di bangunan besar.

    Setelah pasar – pasar dibersihkan, tidak ada penghijauan sesuai yang telah dikatakan oleh pemerintah. Kenapa?

    Malah kami mendengar kabar bukan buat penghijauan lahan tempat kami digusur itu, tapi buat sebuah perusahaan besar.

    Kami cuman bisa melihatnya saja. Kami hanya rakyat kecil. Apa daya?

    Bagaimana rakyat Indonesia mau makmur jika selalu digusur? Ini malah akan menambah tingkat pengangguran di Indonesia. Apalagi sekarng mencari pekerjaan sangat susah.

    Seharusnya pemerintsh tidak hanya mau menerima retribusinya saja, tapi juga mamikirkan nasib rakyat.

    Jangan cuma asal gusur………!!!!!!

  10. “Boleh berzina, Asal Tuhan Tidak Tahu”

    Tentu kalian sering melihat dan mendengar berita tentang pemerkosaan, pencabulan, aborsi dan lain-lain. Apa yang menyebabkan semua itu terjadi? Menurutku salah satu penyebabnya adalah moral para remaja yang sudah semakin merosot. Suatu hari ibuku pernah berkata kalau remaja zaman sekarang lebih berani, seperti berpelukan, ciuman, bahkan mungkin sampai melakukan hubungan intim seperti suami istri. Padahal wanita pada zaman ibuku dulu, berbicara dengan lawan jenis saja sangat jarang. Persoalan moral ini adalah persoalan yang tidak hanya ditimbulkan oleh satu masalah saja, tetapi banyak masalah yang bisa mengancam remaja.

    Salah satu masalah pada remaja adalah mulai timbulnya rasa ketertarikan pada lawan jenis. Tidak hanya sebatas memandang saja, tapi juga timbul keinginan untuk melepaskan hasrat seksual. Jika remaja tidak bisa mengendalikannya, maka dia akan terjebak pada hal yang tidak benar. Dan sebagai akibatnya dia telah melanggar norma-norma agama, selain itu dia juga membuat malu keluarganya, bahkan ada sebagian remaja yang harus meninggalkan bangku sekolah.

    Menurut suatu penelitian, dinyatakan bahwa 20% dari 1.000 remaja pernah melakukan seks bebas. Kenapa remaja yang hidup di negara yang sangat agamis berprilaku seperti di negera tanpa agama? Padahal islam jelas-jelas telah melarang perbuatan zina. Islam juga tidak hanya melarang perzinaan tetapi juga memberikan sangsi yang keras. Apa yang sesungguhnya terjadi pada remaja sekarang? Menurut sebuah buku yang berjudul “Sekuntum Mawar Untuk Remaja” karangan Ust. Jefri Al-Bukhori, ada beberapa sebabnya kenapa remaja terjebak dalam perzinaan, antara lain :

    Tidak memiliki pemikiran panjang
    Tidak merasa diawasi
    Pergaulan bebas
    Setelah tahu hal ini apakah kalian tetap ingin mencoba zina? Seperti kata Ustad Jefri, berzina boleh saja, asal Tuhan tidak tahu. Bagaimana caranya? Sedangkan Tuhan itu Maha Melihat apa yang kita lakukan.

  11. KBKJNA

    Sesuatu yang tak bisa dikira, tak bisa diduga ataupun lah namanya sering membuat kita heran apalagi kalau kita melihat sesuatu yang baru pertama kali kita lihat dalam seumur hidup kita. Beragam-ragam perbedaan, suku, adat, kebiasaan, yang membuat kita terkejut. Itu bagaikan seorang kawan yang susah dicari , susah ditebak, dan juga ada yang hilang entah kemana batang hidungnya tak terlihat. Ada orang batak, orang jawa, orang dayak, dan orang banjar pun berbeda-beda kelakuannya. Alhamdulilah semuanya terjaga tali persudaraan kami.

    Kawan memang berharga, tetapi sering menjengkelkan, sering terjadi pada diriku sendiri yang selalu dibingungkan dengan prilakunya, kadang ada yang banyak omong kenyataannya sama sekali nol. Yang lain kerjaan sering ngambek atau bahasa gaulnya “meraju” cuman gara-gara disinggung sedikit saja, Eh ngambeknya bertahun-tahun,yang lain malah karena pertandingan persahabatan kecil-kecilan, Ada juga yang gemar ngadu domba seseorang, sambil ketawa terbahak-bahak cuman karena permasalahan sepele, sehingga lucu aja liat kejadiannya, biarpun saya sendri sering melakukannya. yang lainya malahan minta dihargai lebih dari kawan yang lain. Yang lainnya lagi mempunyai beribu alasan untuk mengelak permintaanku. Ada juga yang sombongnya minta ampun, merasa dirinya yang punya dunia ini ”istilahnya”, ada juga yang mempunyai ego yang sangat luar biasa, apapun yang dikatakan dia pasti benar, ada juga yang pikirannya diselimuti oleh kepornografian sampai-sampai sehari harus nonton bokep apalagi kalau ada film terbaru. Memang begitulah dibalik hiruk pikuk kehidupan didunia nyata

    Di balik semuanya itu mereka tetap kawan ku, hanya mereka lah yang dapat mengetuk hatiku membuatku selalu mengenang mereka karena keanehanya, kelucuanya, aku yakin tidak ada yang dapatkan kehadiran seorang kawan dalam hidupku biarpun kalian cari hingga sampai keujung dunia . Itu semua kudapatkan tanpa banyak keluar uang banyak, tidak seperti kebanyakan orang yang menghambur-hamburkan uang untuk mencari kawan yang banyak dengan memberikan perhatian berupa uang yang banyak, ”ada niat beribu jalan menuju kesana ”. Kawan baik kawan jahat nyantae aja.

  12. Ujian Nasional, Siap atau Tidak ?

    Sebenarnya jadi pelajar itu susah atau tidak? Khususnya pelajar pada tahun ini yang berada di kelas VI, IX, dan XII.

    Tahun ini merupakan tahun kejutan untuk para pelajar yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Bagaimana tidak? Mereka harus mempunyai otak dan tenaga yang ekstra. Hal ini karena ada 6 mata pelajaran yang masuk dalam UN, khususnya pelajar kelas XII.

    Di semester 6, pastinya mereka menjadi pelajar yang super sibuk. Selain adanya bimbingan belajar di sekolah, sebagian dari mereka pasti juga mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Ditambah lagi, bimbingan dari guru masing-masing atau dengan sebutan lainnya private di rumah guru sekolah.

    Sampai saat ini,aku yang juga seorang pelajar kelas XII masih bingung untuk membagi waktuku. Mau atau tidak, hal ini harus ku jalani.

    Sejak pukul 07.30 aku belajar di sekolah hingga pukul 16.00, dilanjutkan les di rumah guru sekolah hngga pukul 18.00. Sekitar 60 menit aku bisa mengistirahatkan otakku karena pukul 19.00 aku kembali mengikuti salah satu bimbingan belajar swasta di Banjarmasin, hingga pukul 20.30. Selanjutnya aku harus mengerjakan PR yang diberikan guru di sekolah . Yah, inilah salah satu jadwal harianku. Belum lagi bila esok harinya ada ulangan, aku mesti lembur untuk belajar. Meski sudah ada cicilan pelajaran yang masuk di otakku.

    Minum vitamin memang dianjurkan dan selalu diingatkan oleh ibuku, agar kesehatanku tetap terjaga. Tapi tetap saja otakku bisa lelah karena kurang istirahat.

    Hal itu pernah aku keluhkan pada salah satu guru di sekolahku dan beliau menjawab, “Des, jalani dengan ikhlas. Insya Allah otakmu takkan mengeluh seperti mulutmu mengeluh. Kelak, belajar akan jadi makanan sehari-harimu”.

    Sekarang, aku merasakan bahwa hal itu memang benar. Bila aku tidak belajar sehari pun, seluruh tubuhku bahkan otakku serasa sakit. Hingga akhirnya, kini aku selalu belajar, minimal membaca buku. Sekarang aku siap menghadapi UN dan berharap semua yang kulakukan takkan berbuah sia-sia.

    Untuk guruku yang telah memberiku nasihat, terimakasih banyak ya! Tentu saja aku tidak akan melupakan jasanya. Memang, dalam keadaan seperti ini yang kita butuhkan adalah dorongan yang positif dan memacu semangat belajar kita. Good luck!!

  13. BUANG ANGIN, OOPS!!

    Orang yang berjubel bisa kita dapati di mana saja, kecuali kuburan atau rumah sakit. Apalagi di pasar atau swalayan, pastilah terdapat jubelan orang tepatnya di bagian kasir.

    Minggu lalu, aku bersama ibuku pergi ke swalayan untuk berbelanja. Pilah-pilih kebutuhan, sampailah kami pada kasirnya. Daripada ibu ikut berjejal, aku saja yang mengantrinya. Memang, mengantri itu membosankan. Pandangan kita tak tentu arah, terjepit, dan walaupun ruangannya ber-AC, tetaplah gerah kurasakan.

    Tibalah giliranku berhadapan dengan kasir, namun ku merasa ada sesuatu yang menusuk hidungku. Setelah kusadari, yang menusuk itu adalah sesuatu yang kita semua pernah lakukan yaitu (maaf) buang angin. Karena banyaknya orang di sekitarku, aku tidak berani memvonis orang lain atau menutup hidungku. Aku takut orang lain tersinggung.

    Seusainya, aku cerita dengan ibuku dan beliau tertawa serta berucap, “Mumpung sekarang buang angin tidak bayar.” Aku pun ikut tertawa.

    Kalau dipikir-pikir, hal itu benar. Sekarang, buang air kecil saja bayar. Walaupun tarifnya tidak membuat kita untuk mengocek saku, tapi kalau berkali-kali tetap saja terasa mahalnya.

    Kalau pun buang angin harus bayar, mungkin banyak orang yang sakit lantaran menahan angin yang akan keluar berkali-kali. Apakah buang angin itu salah? Atau korban dari buang angin itu yang salah?

    Sebaiknya bila ingin membuang angin jangan disembarang tempat. Tapi pertanyaan dari kalimat itu adalah, “Apa bisa?” Ya, paling tidak buang anginnya di toilet, daripada membuat orang lain tidak nyaman. Kalau menghirup udara segar, kan, saya segan, Anda pun senang.

  14. LOVE(CINTA)

    LOVE.Terdiri atas 4 huruf tapi besar maknanya.Emank klo kita ngomongin yang satu ini ga pernah ada habisnya.Setiap orang pasti pernah mengalaminya.Kita pasti mempunyai seseorang yang kita cintai.Seseorang yang dapat mengubah hidup kita.Apakah itu ke arah yang lebih baik atau ke arah yang lebih buruk.

    Saya mempunyai seorang teman.Dia seorang murid yang pintar.Waktu masih kelas 1 SMA dia menduduki peringkat 1.Tapi ntah kenapa semenjak duduk di kelas 3 prestasinya terus menurun.Bahkan pas bagi rapor kemaren dia keluar dari ranking 10 besar.Selidik demi selidik saya tanyakan mengapa prestasinya bisa terus menurun begitu.Owh…Ternyata dia sedang fall in love with someone.Saya pun pernah mengalaminya.Waktu itu saya masih kelas 2 dan saya jatuh cinta dengan seorang cewek.Emank klo kita lagi jatuh cinta semuanya terasa indah.Begitu pun saya pada waktu itu.Saya lebih semangat pergi ke sekolah karena bisa ketemu sama si dia.Tapi akhirnya saya drop.Saya tidak bisa konsentarasi belajar karena slalu kepikiran dia.Ranking saya pun juga turun.Nah lho klo sudah gini bahaya kan?

    Tapi saya tidak bisa memungkiri bahwa saya dapat menjadi juara kelas juga karena cinta.Tapi bukan cinta dari seorang cewek.Melainkan cinta dari orangtua dan teman-teman saya.Karena melalui cinta dan dukungan mereka lah saya bisa menjadi juara kelas.

    So,cinta dapat membawa kita ke arah yang lebih baik atau ke arah yang buruk tergantung cara kita menyikapinya.Klo kita bisa menjadikan cinta sebagai motivator untuk maju,maka cinta dapat membawa kita ke arah yang lebih baik.Sebaliknya klo kita terlalu larut dalam cinta maka cinta tersebut akan membawa kita ke arah yang buruk.

    Alangkah baiknya klo kita jangan hanya bisa mencintai orang lain.Tapi kita juga harus mencintai diri kita sendiri.Mulailah dengan mencintai diri kita sendiri,maka kita akan dicintai oleh orang lain.

  15. Ujian Nasional, Siapa Takut ?

    Ujian Nasional hanya tinggal hitungan hari saja. Pelaksanaan Ujuan Nasional yang telah menjadi program pemerintah setiap tahun itu dilaksanakan serempak di seluruh indonesia.

    Pada tahun ini Ujian Nasional lebih sulit dari pada tahun-tahun sebelumnya, karena bukan hanya nilai ketuntasannya saja yang bertambah menjadi 5,25 tetapi jumlah mata pelajaran yang masuk Ujian Nasional pun juga ikut bertambah menjadi enam mata pelajaran. Bagi sejumlah siswa hal itu sangat memberatkan karena dianggap sangat menguras waktu, tenaga dan otak. Bagaimana tidak ? Misalnya saja pada Jurusan Ipa yang pada mulanya hanya mempelajari Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia kina mereka juga mempelajari mata pelajaran tersebut malah sekarang ditambah lagi dengan Fisika, Kimia dan Biologi begitu juga pada jurusan lain.

    Pada tahun ini juga pemerintah memperketat penjagaan kepada peserta ujian dengan mendatangkan pengawas dari pihak kepolisian, mahasiswa, dan pihak lainnya ditambah lagi pengawasan dengan sistem silang. Hal tersebut dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah agar tidak bisa terjadi kecurangan.

    Tapi Ujian Nasional tidak perlu dijadikan beban, mending kita hadapi dengan senyuman dan usaha yang semaksimal mungkin. Apa saja cara yang bisa siswa lakukan untuk menghadapi Ujian Nasional yang hanya tinggal hitungan hari ini saja ? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi ujian nasional. Siswa bisa mengikuti bimbingan belajar baik di Sekolah maupun ditempat bimbingan. Dengan mengikuti bimbingan belajar siswa bisa memperoleh pelajaran yang tidak dia dapatkan pada jam sekolah biasa. Disana siswa diajarkan kembali tentang pelajaran-pelajaran yang telah lewat misalnya pelajaran kelas X atau kelas XI.

    Untuk menghadapi Ujian Nasional siswa harus belajar dengan semaksimal mungkin dan beristirahat secukupnya dan disini siswa dituntut untuk bisa mengatur waktu sebaik-baiknya. Semua siswa harus bisa mengatur waktu belajar dan beristirahat dengan sebaik-baiknya. Misalnya saja siswa belajar setelah shalat isa jam 08.00 malam maksimal waktu siswa belajar misalnya 2 jam jadi pada pukul 10.00 sudah harus istirahat dan jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar terus menerus karna walau bagai mana pun otak kita juga perlu istiahatkan.

    Selain itu sekali-sekali Siswa juga perlu refresing atau hiburan untuk menenangkan pikiran agar kita tidak stress menghadapi Ujian. Siswa bisa melakukan hal tersebut misalnya dengan jalan-jalan bersama teman-teman, kepabat atau keluarga pada hari libur, pergi ketempat hiburan dan lain-lain untuk sejenak melepaskan pikiran tentang Ujian Nasional yang tinggal sebentar lagi.

    Yang tidak boleh dilupakan untuk menghadapi Ujian Nasional siswa juga harus rajin berdoa kepada Tuhan yang maha esa karna walau kita sudah belajar dan berusaha sebaik mungkin tapi kita lupa pada sang pencipta ilmu yang kita dapat itu tak ada gunanya. Kita semua harus ingat bahwa segalanya sudah ada yang mengatur. Jadi sebelum atau setelah kita belajar sebaiknya kita membaca doa dulu agar bisa diberikan petunjuk oleh sang maha kuasa.

    Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa para siswa lakukan untuk bisa menghadapi Ujian Nasional. Semua hanya tergantung siswa-siswinya saja lagi bagaimana cara mengaturnya dengan baik. Yang pasti siswa-siswi harus bisa berusaha dengan belajar dan berusaha semaksimal mungkin, memanfaatkan waktu belajar dan istirahat sebaik-baiknya serta siswa tidak boleh lupa berdoa kepada Tuhan yang maha esa agar bisa menempuh ujian dengan sebaik mungkin. Setelah semua hal tersebut telah lakukan barulah kita berserah diri dan menerima hasil yang telah kita capai dengan lapang dada. Seandainyapun ada yang tidak lulus mungkin itu adalah nasip dan ada jalan yang lebih baik yang bisa kita tempuh. Tapi yakinlah bahwa tuhan akan memberi ganjaran yang sesuai atas apa yang telah kita kerjakan.

  16. SENYUM MANIS

    Taukah kamu bagaimana sebenarnya senyum manis itu? Kenapa orang bisa mempunyai senyum yang manis? Sebenarnya senyum manis itu datang dari hati yang tulus. Kalau kamu senyum dengan tulus dan ikhlas, maka senyum itu akan terlihat manis tanpa perduli bagaimanapun keadaan wajah kamu. Meskipun kamu mempunyai wajah yang jelek, tetap akan terlihat manis, tetapi secantik apapun kamu kalau senyummu tidak tulus akan tetap terlihat jelek. Jadi, kalau kamu ingin terlihat manis banyak-banyaklah senyum, tapi hati-hati kalau kebanyakan senyum nanti di kira orang gila. Hehe..
    Senyum yang manis itulah kadang-kadang membuat orang yang melihatnya merasa damai dan tentram. Namun, ada juga orang yang senyum karena terpaksa hal itu mungkin disebabkan karena tidak adanya ketulusan dalam hatinya. Ada juga orang yang senyum karena mempunyai niat hanya untuk menipu orang lain, dibalik senyum itu tersimpan niat jahat dan memiliki maksud untuk membuat orang yang melihatnya merasa senang. Sai pernah bilang kalau dia selalu menggunakan senyum untuk mengambil hati orang lain. Bagaimanapun keadaannya, semarah apapun dia, dia selalu mengumbar senyum. Karena orang tidak akan tau apa sebenarnya yang ada dibalik senyum itu.
    Sebenarnya senyum manis itulah yang selalu bisa menghibur hati orang yang melihatnya. Sesuatu yang diawali dengan senyuman akan berakhir dengan baik. Nabi Muhammad juga pernah bersabda kalau senyum itu ibadah. Lumayan kan nambah-nambahin pahala kita. Taukah kamu senyum itulah yang membuat matahari masih tetap bersinar, senyum itu yang membuat bunga tetap bermekaran, dan burung-burung pun tetap berkicau?
    Banyak orang yang bilang kalau aku tersenyum pasti terlihat manis, makanya aku suka sekali tersenyum. Tapi, aku sering takut kalau suatu saat aku tak bisa tersenyum lagi, aku juga sangat takut kalau aku tak bisa lagi melihat senyum manis itu, terutama senyum orang-orang yang sangat aku sayangi.. Aku juga selalu berharap agar Tuhan selalu tersenyum padaku.
    Sebelumnya aku juga bertemu dengan orang yang susah sekali tersenyum, bahkan mungkin dia lupa bagaimana cara untuk tersenyum. Wajahnya selalu terlihat serius, pemarah, dan sinis. Orang-orang jadi malas untuk mendekatinya. Padahal dia adalah seorang gadis yang cantuk dan kalau ia tersenyum pasti akan terlihat manis karena dia mempunyai lesung pipi di kedua belah pipinya. Dengan kata lain dia sudah menyia-nyiakan anugerah yang telah diberuikan Tuhan kepadanya. Oleh karena itu, senyum itu sebenarnya sangat bermanfaat untuk kita. So, keep smile! OK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s