Kelas XII IPA 1

Silakan masukkan tugas Anda dalam kolom yang disediakan. Jangan lupa menuliskan e-mail Anda!

37 comments

  1. BEST FRIEND???

    Apakah kalian mempunyai sahabat?? Mungkin sebagian dari kalian sudah menemukan sahabat. Apa sih arti sahabat itu bagi kalian?? Pasti kalian mempunyai definisi tersendiri tentang arti sahabat. Sebagian dari kalian pasti setuju dengan pendapat aku bahwa sahabat adalah teman sejati dan teman sehati yang selalu siap saat dibutuhkan, bisa bantuin kita saat susah sekalipun, nggak cuma di saat senang aja. Selain itu mereka juga bisa menerima kelebihan dan kekurangan kita, dan mau ngertiin kita. Begitu juga diri kita buat mereka. Dengan mereka, kalian bisa dengan sangat mudah menceritakan semua yang ada di dalam hati kalian. Dan kalian sudah mengganggap mereka bagian dari keluarga kalian.
    Mungkin kalian mengakui bahwa sahabat adalah belahan jiwa kalian. Sahabat tidak mengenal jenis kelamin. Mau dia cowok atau cewek yang penting dia ada untuk kita dan kita ada untuk dia, itulah arti sebenarnya sahabat. Sahabat juga tidak pernah mengenal istilah umur, status sosial, agama dan suku.
    Apabila kalian sudah menemukan sahabat, apakah kalian siap menerima kenyataan kalau suatu saat nanti kita akan dikhianati mereka?? Pasti rasanya sakit banget kalau kita mengetahui bahwa sahabat kita mengkhianati kita, mungkin lebih sakit dari diputusin seorang pacar. Apakah kalian juga sudah siap untuk kehilangan mereka?? Sudah siap nggak ada lagi mereka di dekat kita sewaktu kita sedih ataupun senang?? Jujur, aku tidak bisa membayangkan apabila suatu saat aku kehilangan semua sahabatku. Walaupun arti kehilangan disini bukan dikhianati, tapi kita terpisah tempat. Sekarang ini saja aku sudah merasa sedih karena sebentar lagi kami semua mau lulus sekolah. Aku nggak bisa ngebayangin kalau nggak ada mereka di kehidupan sehari-hari aku nanti. Mungkin kami akan terpisah karena masing-masing ingin mengejar cita-citanya.
    Tapi bagaimanapun keadaannya nanti, mau terpisah jarak ataupun waktu, yang namanya sahabat pasti selalu kita ingat sebagai temen terbaik kita sepanjang hidup. Dan kita pasti akan terus menyayangi mereka sebagai sahabat kita.

    I LOVE U, MY BEST FRIEND…

  2. Antara cinta,pacaran,selingkuh,dan . . . . !!!

    Pada zaman sekarang ini,pria atu wanita,tua ataupun muda,sampai anak-anakpun kenal dengan yang namanya “pacaran”. Pacaran merupakan ikatan tali kasih antara dua insan yang saling mencintai satu sama lainnya. Lihat saja di sekeliling mu,entah itu di rumah,di sekolah, di kantor, di tempat keramaian,ataupun di tempat yang sepi, pasti tak jarng kamu menemukan orang yang lagi asyik-asyiknya berpacaran. Mungkin, kamu sendiri juga pernah berp[acaran. Bener nggak !!!

    Hmm, bisa dikatakan,pacaran sudah menjadi Life Style bagi masyarakat kita.”Jatuh cinta,berjuta rasanya ,dunia pun terasa milik berdua”, begitulah kata mereka yang lagi dimabuk asmara. Bahkan mereka tidak tanggung-tanggung memiliki pasangan lebih dari satu. Tidak pria, tidak wanita, mereka enjoy aja dengan status ini. Sekarang lebih dikenal dengan kata ”selingkuh”.

    Kawula muda bilang, ” aku ngelakuin ini karena pacarku sudah tidak perhatian lagi sama aku,nggak salah kan kalau aku selingkuh”. Ada juga yang bilang seperti ini, ” aku kan cakep,wajar dong aku punya banyak pacar dimana-mana”. Bahkan pasangan yang sudah terdaftar di KUA pun doyan juga dengan yang namanya selingkuh. Banyak sekali alasan mereka berselingkuh, ada yang bilang ’sevis’ istrinya tidak lagi seperti yang dulu, ada juga yang beralasan kalau suaminya mempunyai istri lagi lah. Huh, , , pusing juga memikirkan hal itu.

    Apakah ini yang dinamakan cinta ? Dimanakah muncul rasa cinta itu ? Atukah ini Cuma sekedar pelampiasan nafsu semata ?

    Rasanya, bukan seperti yang disebut denga cinta. Bagiku, mereka Cuma golongan orang-orang perusak cinta saja. Yang tidak bisa membedakan cinta, perasaan, atau nafsu.

    Kalau ditilik lebih lanjut, cinta itu ternyata lebih menyakitkan dari pada sakit gigi. Bila kita diputusin, diselingkuhin atau ditinggalkan pergi, terasa teramat menyakitkan dan sangat perih dihati. Yang selalu membuat orang mencucurkan airmatanya, tidak nafsu makan siang dan malam, tidak bisa tidur di malam hari, ataupun tidak bergairah melakukan apapun. Inginnya Cuma diam saja di kamar, mengurung dirinya didalam lembah kesepian. Itulah sekelumit asam, manis, selaligus pahitnya nuansa percintaan.

    Cinta itu buta. Namun patut kita ber penghargaan setinggi mingkin. Cinta yang membuat kita hidup, cintayang membuat kita tersenyum lebar, dan cintapun kadna membuat kita menangis. Cinta adalah anugerah Sang Pencipta. Bagiku, cinta itu cukup di pendam didalam hati saja. Tak perlu diceritakan, diungkapkan, bahkan kita nyatakan kepada orang lain. Biarlah didrimu menjaga sebaik mungkin perasaanmu. Yakinlah kelak pada suatu hari nanti akan datang kepadamu seseorang yang akan membawaq sebongkah cinta yang sucu untukmu, seseorang yang tercipta untukmu, sebagai pendamping di dinia sekaligus di akhirat.

  3. Playboy/Playgirl

    Tuhan menciptakan dunia ini dengan penuh keindahan. Langit nan luas berhiaskan sang surya yang senantiasa menghangatkan bumi di siang hari, serta kilauan bintang yang berhambur di langit malam. Tidak lupa Tuhan pun menciptakan hamba-hambanya begitu indah, dengan kesempurnaannya,Tuhan berani menunjukkan kesempurnaan itu dengan balutan raga yang indah dipandang. Berapa banyak orang cakep di dunia ini? Pasti pengen dong memilikinya. Tapi gimana kalau kita gak puas menikmati keindahan itu dengan hanya memiliki satu orang? Syah-syah aja kok kalau itu memang terjadi, di balik kesempurnaan yang Tuhan beri, Tuhan juga menyisipkan kekurangan yang munkin bisa membuat kita gak suka. Jadi, apa salahnya mencoba mencari lagi kesempurnaan itu. Sebut saja selingkuh, ngeduain, ngetigain,dst. Orang yang kayak gitu bisanya diberi gelar playboy/playgirl.
    Menjadi kayak mereka memang punya banyak resiko,kita bisa dianggap sebagai penjahat.Kita bakal ngerasa parno dengan hubungan ini karena takut ketahuan,dibenci orang,digosipin,dan yang pasti hubungan ini bakal diwarnai dengan drama air mata,belum lagi kalau ketahuan.“brengsek!, buaya!, sialan!, tukang bohong!, penghianat!” ,mmm… makian kayak gitu tuh yang sering disemprotin sama korban-korbannya.Tapi kalau kita lihat lebih dalam lagi,kita bakal nemuin poin-poin positifnya juga loh.
    Orang yang suka selingkuh punya manajemen waktu yang ok. Gara-gara punya banyak pacar, mereka jadi jago banget yang namanya ngatur waktu.Mulai dari ngatur jadwal nge-date,ngatur jadwal nelpon,bahkan mungkin mereka juga ngatur jadwal buat kangen sama pacar-pacarnya,hehehe…mereka juga jadi bisa ngehargain waktu yang sempit itu buat bikin banyak hal.
    Jago ngomong, tahu banget cara muji, dan disukai banyak orang juga merupakan kelebihan yang mereka punya. mereka terkenal banget jago berkelit walau sudah ketahuan salah, jago banget ngerangkai kata-kata buat ngeyakinin korbannya. Kemampuan kaya gini diperlukan saat ujian lisan di sekolah. Sang playboy/playgirl rela menghabiskan waktu mengamati kelebihan seseorang buat ngambil celah muji orang itu. Kalau kita bisa kaya gini,kita bisa Bantu temen buat menyadari kelebihan mereka.Walaupun mereka kadang nyebelin,tapi banyak juga yang mengakui kalau playboy/playgirl itu bisa bikin orang kagum. Ini semua karena dia tau banget cara nyenengin hati orang.
    However, semua orang pasti punya berbagai kelebihan dan kekurangan. Suatu kelebihan bisa jadi suatu kebanggaan apabila kita bisa mengembangkannya ke arah positif, begitu juga dengan kekurangan yang akan senantiasa tertutupi oleh kelebihan yang lebih sering kita tonjolkan.

  4. Jakarta Kebanjiran, Banjarmasin….

    Aku begitu terkejut begitu terbangun pada pagi buta kemarin (tanggal 15 Februari). Pasalnya, pagi itu tengah terjadi kebakaran di dekat rumahku. Pada awalnya aku tidak begitu mempedulikan hal tersebut, tapi pada akhirnya aku akhirnya sadar apa yang tengah terjadi. Yang membuatku begitu terkejut, kebakaran itu terjadi hanya berjarak beberapa meter dari kediamanku. Syukur saja BPK (Barisan Pemadam Kebakaran) banyak berdatangan, sehingga si jago merah dapat segera dipadamkan (untungnya pagi itu angin tidak begitu kencang).

    Banjarmasin memang terkenal dengan sebutan kota seribu sungai, tapi anehnya kebakaran adalah hal yang sering terjadi dari pada kebanjiran. Mungkin hal ini memang telah ditentukan oleh sang pencipta. Kebakaran, kata ini sepertinya sudah sering kita dengar dan terjadi di Banjarmasin. Seperti kebakaran yang terjadi di dekat rumahku, sebanyak 22 buah rumah menjadi korban si jago merah. Kebakaran, seperti yang sudah dikatakan tadi, mungkin telah di tentukan terjadi di Banjarmasin layaknya kebanjiran di kota besar, Jakarta misalnya.

    Ada beberapa penyebab terjadinya kebakaran, salah satunya adalah karena human error, contohnya saja pada saat terjadi pemadaman listrik, keluarga yang tidak menggunakan lampu emergency, pastilah memakai lilin sebagai gantinya (kebetulan keluargaku kadang-kadang memakai lilin). Biasanya mereka meletakkan lilin tadi diatas meja. Pada saat mereka tertidur pulas, lilin tadi bisa saja terjatuh ke meja dan terjadilah kebakaran. Apalagi kalau rumah tadi terbuat dari kayu.

    Ada juga kebakaran yang terjadi karena korsleting, hal ini dapat disebabkan karena daya di suatu rumah tidak sesuai dengan pemakaian listrik di rumah tersebut (pemakaian lebih besar daripada daya yang tersedia), dapat dikatakan kelebihan muatan atau overload. Hal lain yang menyebabkan korsleting adalah adanya pencurian listrik oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab. Orang mungkin berfikir dengan begitu bisa dapat listrik gratis!!sungguh terlalu…
    Memang sih PLN kadang-kadang ngeselin dan kayaknya seenaknya saja main padam sana-padam sini, tapi perlu diingat, pencurian listrik tetap saja menjadi salah satu penyebab korsleting.

    Kebakaran juga menjadi salah satu kesempatan emas bagi para pencuri atau maling. Biasanya para maling ini beraksi tidak hanya pada saat kebakaran tengah terjadi, pasca kebakaran pun ada saja maling yang nekat melakukan aksinya. Contoh nyatanya saja, mesjid di dekat rumahku kehilangan satu mesin pompa air pasca kebakaran tersebut.

    Kita bersyukur karena di Banjarmasin ini banyak sekali BPK, sehingga kebakaran dapat ditanggulangi, akan lebih baik lagi apabila pemerintah membentuk unit siaga kebakaran, tentunya dengan mobil pemadam yang besar dan para anggotanya cukup diseleksi dari para anggota BPK yang kemudian diberikan pelatihan, dengan demikian pemadaman diharapkan lebih efektif.

  5. CIDAHA

    Mungkin ini memang jalan takdirku
    Mengagumi tanpa dicintai
    Tak mengapa bagiku asal kau pun bahagia
    Dalam hidupmu dalam hidupmu

    Telah kupendam perasaan itu
    Menunggu hatimu menyambut diriku
    Tak mengapa bagiku mencintaimu pun adalah
    Bahagia untukku, bahagia untukku

    Ku ingin kau tau diriku disini menanti dirimu
    Meski ku tunggu hingga ujung waktuku
    Dan berharap rasa ini kan abadi untuk selamanya
    Dan izinkan aku memeluk dirimu kali ini saja
    Tuk ucapkan selamat tinggal untuk selamanya
    Dan biarkan rasa ini bahagia untuk sekejap saja

    Itulah sebuah lirik lagu Cinta Dalam Hati yang dinyayikan oleh Pasha ungu yang menceritakan Cinta seseorang yang hanya dipendamnya dalam hati tanpa mampu mengungkapkan cintanya tersebut kepada yang dicintainnya.Pernahkah anda mengalami yang namanya Cinta Dalam Hati atau bahasa kerennya “CIDAHA”? Hampir semua orang pasti pernah mengalami yang namanya Cidaha terhadap seseorang yang dikagumi,dikasihi,dan dicintainya.Cidaha menurut definisi Aku mempunyai arti Suatu rasa kasih sayang yang tertunda terhadap seseorang yang dicintai ataupun dikagumi tanpa harus diketahui ataupun dicintai oleh dia.

    Lirik lagu diatas sangat cocok untuk menggambarkan perasaan yang dulu pernah Aku alami. Mencintai seseorang tapi hanya bisa dipendam dalam hati tanpa mengungkapkan perasaan itu. Memang perasaan itu sedikit memudar,tapi Aku tak bisa melupakannya begitu saja.Semua ini bermula ketika temanku Bondel memberikan aku alamat friendster temannya satu les yaitu Satsuma. Sejak itulah Aku dan sastuma hanya berhubungan lewat dunia maya(friendster). Walaupun Aku hanya bisa berhubungan dengan dia lewat dunia maya,tapi itu sudah cukup untuk menggambarkan perasaan suka aku kepada satsuma.Satsuma sangat berbeda dengan perempuan mana pun udah cantik,imoet,smart,alim pokoknya perfect banget.Tapi ada satu sifatnya yang Aku tak suka yaitusombong. Untuk itulah Aku ingin sekali merubah sifatnya itu. Namun hanya dapat berhubungan lewat dunia maya apa boleh buat dan juga Aku orangnya pemalu ketika berhadapan dengan perempuan cantik Tiap pagi hanya dapat melihat dari kejauhan satsuma tiba di sekolah maklum sekolahku dan dia berseberangn dan hanya terbatas jalan. Tak apalah hanya Cinta Dalam Hati dengan Satsuma. Namun Aku yakin suatu saat Satsuma akan mencintaiku apa adanya dan Satsuma tak kan pernah melepas Aku.

    Untuk itulah kalau kita suka dengan seseorang jangan dipendam dalam hati lebih baik diungkapkan dari pada disimpan.Teruslah berjuang selagi kita dapat melakukannya dan juga selagi kita masih bernapas.

    Ketika bunga tak bermekar lagi
    Dan dunia tak mampu berputar,lagi
    Saat cinta tak membakar hati ini
    Kau kan tau betapa aku mencintaimu
    Betapa aku menginginkan kamu……….”

  6. Hutan

    Indonesia merupakan Negara kepulauan yang paling besar di dunia. Indonesia terdiri atas pulau – pulau besar dan kecil. Indonesia terdiri atas daratan dan lautan. Di lautan terdapat sumber daya alam yang melimpah ruah seperti minyak bumi. Begitu pula di daratan juga terdapat sumber daya alam yang melimpah seperti batu bara.

    Dari tahun ke tahun sumber daya alam di Indonesia semakin menipis karena ulah dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Contohnya saja sumber daya alam kita yang paling peting adalah hutan. Rasanya dulu Indonesia memiliki hutan yang luas bahkan Indonesia di katakan paru – paru dunia. Sekarang hutan Indonesia sudah banyak berkurang Hutan di Indonesia banyak terdapat di pulau Kalimantan, sumatera dan papua. Hutan mempunyai banyak sekali manfaat dalan kehidupan kita seperti hasil kayunya.Hutan Indonesia memiliki kualitas kayu yang bagus.

    Banyak hutan kita semakin berkurang karena illegal logging. Oknum yang melakukan ini sepertinya tidak mengetahui apa dampak buruk dari yang apa ia lakukan. Semestinya setelah melakukan penebangan, mereka melakukan reboisasi untuk mengurangi dampak negative. Akan tetapi, mereka hanya mengambil keuntungan dari kekayaan Indonesia. Banyak kita menemukan hutan gundul akibat illegal logging. Dampak dari hutan yang gundul tersebut adalah tanah tidak bisa menampung air hujan sehingga banyak terjadi banjir dan tanah longsor di mana – mana. Akibat bencana alam ini banyak orang yang kehilangan tempat tinggal bahkan kehilangan nyawa. Selain illegal logging penyebab lain dari berkurangnya hutan adalah pembakaran hutan. Banyak dampak buruk yang terjadi akibat hal ini seperti pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Pembakaran hutan ini menyebabkan kabut asap yang tebal sehingga mengganggu penglihatan. Bahkan kabut asap ini sampai ke Negara tetangga.

    Semakin berkurangnya hutan maka semakin berkurang pula umur bumi. Hal ini disebabkan global warming (pemanasan global), berkurangnya hutan menyebabkan berkurangnya yang menyerap CO. CO semakin banyak di udara sehigga lapisan ozon berlubang. Hal ini menyebabkan bumi semakin panas dan umurnya memendek.

    Seharusnya kita menjaga hutan kita demi kelangsungan hidup bumi. Mulailah dengan menanam pohon di lungkunganmu. Banyak orang yang meridukan Indonesia seperti dulu, banyak hutan sehingga udara menjadi sejuk dan segar.

  7. PINK

    Banyak warna dalam kehidupan. Ada merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila ungu, hitam, coklat, putih, pink dan masih banyak warna lagi. Perpaduan antara warna yang satu dan yang lainnya akan menimbulkan warna yang baru dan bila semua warna disatukan maka akan menjadi warna putih. Warna bisa menunjukkan kepribadian dari seseorang. Warna juga bisa menjadi ciri khas seseorang, seperti orang yang suka warna hitam, dia menyukai hal – hal yang bersifat misteri dan kegelapan.

    Dari sekian banyak warna, warna pink merupakan warna favorit bagi cewek. Sejujurnya aku juga suka dengan warna pink, tapi aku lebih suka warna coklat dan biru. Aku pun sempat bingung, kenapa sebagian besar cewek lebih suka warna pink dibandingkan dengan warna lain, padahal masih banyak warna di dunia ini. Bukan hanya cewek saja yang suka dengan warna pink, cowok pun ada yang suka dengan warna pink. Cowok yang menyukai pink biasanya dipanggil pinky boy.

    Apasih menariknya warna pink? Orang yang fanatic dengan warna pink biasanya segala barang – barangnya bernuansa pink, mulai dari baju, asesoris, kendaraan, cat kamar, bahkan seisi kamarnya berwarna pink. Kata teman aku “Pink itu warna yang lembut, menarik, indah, imut, dan semua orang pasti suka ngeliatnya. Pokoknya gelombang sosok wanita seutuhnya”. Ada juga yang bilang “pink itu warna yang cengeng”. Setiap orang memiliki pendapat berbeda – beda tentang warna pink. Menurutku warna pink itu merupakan warna perpaduan dari warna merah yang menunjukkan keberanian dan warna putih yang menunjukkan kesucian. Keberaniaan dan kesucian itu menjadikan pink menjadi warna yang memiliki karakter berbeda dari warna lainnya. Pink menunjukkan karakter feminim bagi wanita.

    Pink identik dengan hari valentine, pink menjadi simbol kasih sayang bagi setiap orang yang saling mencintai. Pink hanyalah sebuah warna yang menunjukkan perasaan atau karakteristik dari orang yang menyukainya. Pink juga bisa menunjukkan sifat romantis dari seseorang.

    Setiap orang berhak menyukai warna apa saja yang mencerminkan kepribadiannya. Warna hanyalah sebuah symbol dari perasaan yang kita miliki. Kita tidak boleh menilai orang hanya dari warna yang ia suka. Warna juga bisa memicu kreasi kita untuk menimbulkan warna – warna baru dalam kehidupan kita. Jangan pernah menyerah untuk mencoba dan mencoba. Temukanlah warna dalam hidupmu.

  8. Horor Indonesia vs Horor Luar Negeri??!!

    Horor?? Pasti yang terlintas di pikiran kalian, horror itu identik dengan kuburan, kelelawar, hantu, bulan purnama atau film. Untuk kata terakhir tersebut, mungkin terdengar sedikit aneh untuk kalian, akan tetapi bukankah horror banyak di kenal karena film?? Kita mengetahui seperti apa bentuk vampire, zombie, kuntilanak, dan sederet nama-nama menyeramkan lain nya dari film, bukan?? Berbicara tentang film horor, sebenarnya aku selalu menghindari melihat film horor. Jujur, nyali aku menjadi ciut jika melihat film horor walaupun aku tahu itu hanyalah film. Namun, saat ini aku tidak ingin membicarakan ketakutan aku melihat film horror melainkan perbandingan film horor Indonesia dengan luar negeri.
    Pernah tidak kalian membandingkan film horor Indonesia dengan luar negeri? Tidak terlalu penting memang bila kita melakukannya akan tetapi cobalah sesekali kalian membandingkannya karena terdapat banyak perbedaan yang mencolok di antara keduanya.
    Di film horor Indonesia kebanyakan hantu-hantu yang ada selalu Mr pocong dan Mrs kuntilanak berbeda dengan hantu – hantu yang ada di film luar negeri yang hampir tidak selalu sama hantunya di setiap film . Begitu juga dengan jalan cerita film horor yang monoton dengan awal cerita si tokoh utama adalah orang yang teraniaya kemudian di bunuh dan terakhir menjadi arwah gentayangan. Bukan begitu jalan cerita rata-rata film horor Indonesia? Monoton tetapi tiket filmnya selalu sold out. Yah…memang tidak baik membandingkan buatan anak-anak negeri sendiri yang sudah susah payah membuat, tetapi hal ini merupakan kenyataan. Tak mungkin selamanya kita selalu menonton film yang alur ceritanya hampir selalu sama.
    Ingin rasanya agar dunia perfilman Indonesia membuat film-flm tak hanya pada film horor tetapi pada semua jenis film lebih bermutu dari segala sisi. Mungkin memang susah untuk berkembang maju setidaknya sedikit demi sedikit untuk memcoba maju. Tak perlu membuat film horor dengan mengikuti cerita-cerita dari luar negeri nanti bukannya di hargai sebaliknya kita di cap sebagai plagiat. Cobalah membuat cerita-cerita yang lebih menarik dari hantu-hantu yang sudah “tersedia” di Indonesia.
    Selain itu cobalah buat image baru pada hantu Indonesia. Tak usah terlalu drastis,cukup ubah kesan hantu Indonesia yang kadang terkesan”kotor”. Maksud “kotor” di sini adalah hantu-hantu Indonesia yang hampir selalu belepotan dengan tanah. Buatlah agar kesan hantu-hantu Indonesia tersebut terkesan keren tetapi menyeramkan, atau tidak perlu keren juga tidak apa-apa. Akan tetapi hantu-hantu itu dapat menghilangkan kesan kotor seperti Sadako “The Ring“ yang terkesan menyeramkan tetapi tidak “kotor”, vampire dalam film “Van Helsing” walaupun menyeramkan tetapi terkesan keren atau hantu-hantu pada film buatan anak negeri yaitu “Gotcha” yang menampilkan image hantu yang berbeda, tidak meyeramkan melainkan lucu. Memang tidak semua film-film horor Indonesia memiliki alur cerita yang sama, ada juga film horor yang lucu seperti Gotcha. Kita semua tak perlu ketakutan, tetapi kita perlu dengan jalan cerita yang jelas berbeda. Cobalah kreatif, maka aku pikir film-film horor Indonesia akan jauh lebih menarik daripada sekarang dan mungkin akan mengungguli film-film horor luar negeri. Siapa tahu kan??!! Semua bisa kita lihat hasil nya jika kita memang benar-benar membuat film dengan tujuan yang masih “pure”. Asli memang untuk hiburan dan mencari hikmah. Tidak seperti film seperti film zaman sekarang yang hanya untuk mencari keuntungan semata. Sekali lagi cobalah buat film yang kreatif dengan tujuanyang tulus.Maka aku pikir nama dunia perfilman Indonesia akan terangkat dan jauh lebih baik.

  9. Annyong Haseyo!!!!
    “Drama Korea”

    Annyong haseyo!!!!!!!!
    Mungkin bagi kalian sapaan ini terdengar tidak asing lagi. Ya…., karena sapaan ini hanya ada di negara Korea dan sering digunakan oleh orang-orang korea saja. Selain terkenal dengan bahasanya yang unik, musiknya yang keren, objek wisatanya yang menarik, korea juga memiliki daya tarik yang sangat memikat hati yaitu serial dramanya. Semua keunikan itulah yang membuatku ingin mengenal lebih jauh mengenai Korea khususnya serial dramanya. Oleh karena itu, akupun mulai mengikuti acara serial drama korea sejak masuk SMP sampai sekarang. Ketika pertama kali aku menonton serial drama tersebut muncul berbagai pertanyaan di dalam pikiranku,”Mengapa sih serial drama tersebut dapat memikat hati penontonnya??Apa kelebihan serial drama tersebut??Apa serial drama tersebut memiliki pelajaran atau pengetahuan yang berguna bagi penontonnya??Mungkin ga sih kalian berpikir yang sama dengan pikiranku….

    Entahlah mungkin memang bukan hanya aku yang berpikir begitu, tetapi kalian juga mungkin memiliki pikiran yang sama denganku. Setelah beberapa kali aku menonton serial drama korea, aku menemukan jawaban dari pertanyaan- pertanyaanku. Fakta bahwa serial drama korea dapat memikat hati penontonnya terbukti dari isi atau tahapan cerita yang sangat berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari seperti cinta, kesedihan, kesenangan,penderitaan yang memang ada dalam kehidupan manusia. Padahal sangat jarangkan cerita –cerita drama menyangkut kehidupan. Bukan hanya itu saja, tapi suasana dan gaya alami serial drama tersebut juga dapat mengajak penontonnya merasa ikut mengalami kejadian dalam setiap adegan yang ditampilkan dalam cerita serial tersebut.

    Sebenarnya kenyataan di atas hanya sebagian kecil yang mencakup kelebihan serial drama korea. Sedangkan kelebihan sesungguhnya terdapat dari pemandangan alaminya yang digunakan sebagai lokasi pembuatan serial drama korea. Mungkin kalian berpikir lagi,”Kenapa pemandangan alami menjadi kelebihan bagi serial drama korea??

    Ya………, alasannya sangat singkat karena pemandangan alami tersebut dapat membuat aktris dan aktor drama korea tersebut dapat bergaya dengan alami bukan dibuat-buat. Sehingga penonton yang menyaksikannya lebih berkesan menikmati cerita drama tersebut dengan rasa senang dan tanpa bosan. Lagipula, pemandangan alami tersebut menjadi pembeda serial korea dengan serial lainnya. Karena biasanya serial drama lain sering menggunakan alat-alat modern bukan alami.

    Oh ya, aku juga mendengar informasi bahwa lokasi pembutan korea dijadikan sebagai objek wisata bagi orang – orang di seluruh dunia. Salah satunya serial drama “Princess Hours” yang lokasinya dijadikan objek wisata sekaligus tempat bersejarah bagi seluruh dunia karena lokasinya yang alami. Ternyata dalam serial drama korea banyak yang menggunakan tempat sejarah yang dapat membuat penontonnya bertambah pengetahuannya mengenai sejarah dan banyak hal lainnya.

    Aku berharap kemajuan industri serial drama korea menjadi contoh atau patokan bagi industri perfilman indonesia sehingga perfilman indonesia juga lebih berkembang lagi di mata dunia.

  10. Gara – Gara Flu Burung

    Zaman sekarang banyak sekali wabah penyakit yang menyerang masyarakat di negara kita. Mungkin kita semua tahu, penyakit apa yang sekarang sedang heboh dibicarakan?? Yups, benar banget. Penyakit itu adalah FLU BURUNG.
    Pertama kali mendengar berita flu burung , aku menganggapnya biasa – biasa aja. Akan tetapi, aku berubah pikiran ketika melihat salah satu stasiun tv yaitu Buletin Siang di RCTI. Dalam acara tersebut memberitahukan bahwa ada seorang anak kecil terkena flu burung dan tidak dapat disembuhkan. Bahkan yang ku lihat waktu itu, sudah ada korban meninggal dunia akibat flu burung.
    Desas – desus tentang flu burung semakin menyebar dan menghebohkan masyarakat baik di kota maupun di desa. Banyak mengatakan bahwa apabila kita mengkonsumsi ayam, maka kita akan terserang flu burung. Namun ada juga yang mengatakan bahwa apabila mengkonsumsi ayam dengan cara memasak ayam dengan direbus hingga benar – benar matang.
    Di rumah, Ayah melarang ibuku untuk membeli daging ayam. Ayah melarangnya dengan keras karena belum ditemukannya obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.
    Bagiku sih itu bukan masalah. Aku tidak terlalu suka makan daging ayam. Dalam hati ku, aku kasihan dengan ayam – ayam yang dibakar hidup – hidup diberbagai daerah. Bukankah ayam berhak untuk hidup? Selain itu, jika mau dibunuh mengapa tidak dipotong saja agar lebih manusiawi? Toh selama ini sudah biasa ayam tersebut dipotong – potong.
    Selain kasihan dengan ayam, aku juga merasa kasihan kepada peternak. Mereka rugi besar karena banyak ayam – ayamnya terkena flu burung. Masalahnya, sekarang banyak orang tidak makan telur dan daging ayan lagi. Aku membayangkan, mungkin saja peternak itu punya anak yang sekolahnya dibiayai dengan uang dari hasil penjual ayam dan telur. Sekarang, peternak ayam mungkin tidak mempunyai uang karena ayam yang terkena flu burung walaupun dijual seribu atau sepeser pun tidak laku. Ya, karena sejuta orang takut terkena flu burung !

  11. Jomblo Melongo

    Apaan sih jomblo itu ? Mungkin para remaja banyak tahu akan arti jomblo. Jomblo adalah seseorang yang belum punya pacar dalam kehidupannya. Dia menjadikan hidup sebagai dunia sendiri tanpa ada yang harus mendampingi dan mereka itu disebut komunitas “Jomblo Loverzzz”

    Akupun memiliki seorang teman laki-laki dimana dia itu selalu menyendiri dan tidak terlalu memikirkan masalah cewek seperti kebanyakan cowok remaja pada umumnya (termasuk diriku). Hanya satu tujuannya yaitu mengejar cita-citanya untuk menjadi orang sukses (dunia dan akhirat) dan membahagiakan kedua orangtuanya.

    Di saat tertentu, dia selalu menyendiri dan menghindari dari orang lain. Temanku itu terkenal pendiam tapi, apabila dia berbicara padaku lancar saja. Dia memiliki semboyan “Pacaran bagiku cukup sekali saja dan itupun merupakan yang terakhir kalinya”. Temanku inilah yang disebut sebagai orang berpredikat “Jomblo Melongo”.

    Lalu, apa arti dari jomblo melongo ? Jomblo melongo adalah predikat yang cocok diberikan kepada temanku karena ia mengharapkan cewek datang kepadanya tanpa berusaha.

    Kalau melihat dari prinsipnya, ia memang cowok yang tidak mau menyusahkan orang lain apalagi kedua orangtuanya, karena ia sadar akan jerih payah orangtuanya yang telah banyak membiayai kelangsungan hidupnya. Yang aku salutkan darinya adalah ia ingin sekali membiayai keberangkatan haji kedua orangtuanya sebagai salah satu tanda terima kasihnya kepada kedua orangtuanya.

    Di sisi lain, banyak remaja yang malu kalau mereka tak punya pasangan (pacar). Mereka takut dikatakan teman mereka sebagai salah satu “Jomblo Melongo”. So, menurutmu ?

  12. Cowok Masak????

    Memasak adalah salah satu hobi yang nggak bakal luntur ditelan zaman. Jelas saja, karena sampai kapanpun, semua orang butuh makanan. Dan asiknya, nggak cuma buat mengisi perut, tapi juga bisa menambah uang saku.
    Zaman sekarang, hobi memasak sudah bukan hobi khusus cewek lagi. Tapi juga cowok. Buktinya, sebagian chef hebat di dunia adalah cowok.
    Mantapnya lagi, memasak juga bisa jadi hobi yang menguntungkan. Pertama, karena kita bisa memasak sendiri tanpa bergantung sama orang tua atau pembantu di rumah. Dan kedua, menguntungkan secara financial apabila kita mampu mengemangkannya menjadi sebuah bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan.
    Nggak usah jauh-jauh mikirin jadi hoki hebat dan terkenal seperti Rudy Khoiruddin. Tapi, mulai saja dari yang simple dulu. Seperti bikin kue kering, cake, ataupun makanan ringan lainnya.
    Peralatan dan bahan yang dibutuhkan pun nggak ribet, bisa pinjam dapur dan perangkatnya dari mamah. Trus, tinggal beli bahan-bahannya di pasar atau supermarket. Kita bisa mulai belajar dengan mengikuti resep dari buku atau majalah. Kita bisa mencoba dari masakan yang simpel seperti nasi goreng atau brownies.
    So, memasak merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Semua orang mampu melakukannya, tidak terkecuali cowok.

  13. GAMES ON LINE, BUKAN MONOPOLI COWOK!
    Kata siapa cuma cowok yang bisa main games on line? Buktinya ada beberapa teman cewek ku yang hobi sekali main games on line.
    Kalau diperhatikan, mayoritas gemers on line itu cowok, tapi bukan berarti games ini nggak diminati oleh kaum cewek. Soalnya aku punya temen cewek yang jago bermain games on line. Katanya, dia sudah ketagihan main games on line sejak games on line masuk ke Indonesia.
    Asiknya bermain games itu karena menantang dan sangat imajinatif. Permainan itu membuat kita serasa benar-benar mengalami sendiri semua kejadian yang ada di dunia maya itu.
    Selain permainannya yang menantang, games on line juga bias menambah teman. Soalnya permainan games on line itu dimainkan oleh banyak orang secara langsung, jadi kalau kita ingin mengambil keputusan atau berdiskusi tentang suatu strategi, kita bisa membicarakannya secara langsung di games itu.
    Permainan games on line ini biasnya sangat disukai oleh anak cowok karena permainan ini bercerita tentang petualangan atau peperangan yang kurang diminati oleh kaum cewek. Tetapi tidak menutup kemungkinan permainan ini disukai oleh cewek. Jadi, semua orang dapat mencoba permainan ini.

  14. “ CINTA di Tolak, DUKUN Bertindak ”

    Mulai dari Nabi Adam hingga kita sekarang, Cinta sudah hadir di dunia ini. Banyak orang terlena oleh Cinta, apakah cinta itu? Dan apa kehebatan cinta? Itulah yang sering di tanyakan oleh segerombolan manusia di dunia ini.

    Cinta atau yang di kenal kalangan remaja masa kini adalah dengan istilah “ LOVE ” yang merupakan perasaan yang tulus terukir di hati manusia yang tidak bisa didefinisikan dengan kata – kata. Akan tetapi, cinta hanya bisa di rasakan oleh orang yang sedang kasmaran atau fall in love terhadap seseorang yang di cintai di hatinya.

    Bagi setiap orang yang merasakan adanya kehadiran cinta, maka ia mengatakan cinta itu surga dunia baginya, namun kenyataannya cinta juga bisa menjadi arti yang sebaliknya yaitu neraka bagi yang merasakannya.

    Di saat kita merasakan cinta terhadap seseorang, seolah – olah kita sedang terhipnotis olehnya dan kita akan merasa bahwa dia adalah segala – galanya dalam hidup kita serta kita tidak bisa mengelak apapun keinginanya. Hal ini di karenakan banyak remaja saat ini yang beranggapan dan mengatakan “Demi Cinta, Apa sich yang Gak?!!”.

    Kebanyakan demi cinta semua pengorbanan kita lakukan, padahal kita belum tahu apa isi hatinya kepada kita, seharusnya kita bertanya”apakah ia Cinta sama kita atau tidak?”. Coba bayangkan, di saat kita sudah banyak mengorbankan waktu, tenaga, serta biaya. Kita tak kunjung juga menemukan jawaban tentang perasaannya pada kita. Yang parahnya lagi, kita ditolak mentah – mentah dengan alasan yang berbelit – belit dan tidak masuk akal. Betapa sakit hatinya kita saat tahu apa yang selama ini di bayangkan lepas dari perkiraan kita. Dalam istilahnya yaitu kita sangat merasa Brokken Heart atau hancurnya hati dan harapan kita terhadap dirinya.

    Maka apabila hal itu sudah terjadi, jangan salahkan orang yang telah hancur hatinya untuk melakukan hal-hal yang miring atau negative terhadap orang yang di benci dan telah menghancurkan cintanya.

    Banyak orang yang sakit hati melakukan pembalasan hanya bertujuan untuk membayar seluruh pengorbanannya dan selebihnya untuk melampiaskan kepuasan hatinya yang terluka. Oleh sebab itu, banyak cara untuk orang berbuat jahat demi melampiaskan kekesalannya yaitu dengan “pergi ke dukun” yang bertujuan untuk menyantet si dia supaya jatuh cinta pada kita atau sebaliknya menyantet untuk membunuhnya, dll.

    Padahal pergi ke dukun dalam agama kita, bukanlah solusi yang tepat untuk menghilangkan kekesalan hati. Bukan manfaat yang kita harap namun DOSA yang kita pasti dapatkan, karna apa?, sebab pergi ke dukun dalam agama sangat bertentangan dan bersifat syirik terhadap Allah aja wa jallah.
    Maka dari itu Rasulullah menyarankan untuk kita sebagaimana umatnya, apabila kita merasa hati dan perasaan kita di sakiti, hendaklah kita kembalikan padaNYA seraya bertawakal kepada Allah SWT, sebab karena DIAlah yang telah menentukan segalanya termasuk cinta dan jodoh kita.

    Dari ungkapan tersebut hendaklah kita jangan takut akan mendapat jodoh atau tidak, sebab telah di jelaskan dalam al Qur’an, bahwa:

    “Manusia di ciptakan berpasang – pasangan dan hanya untuk beribadah padaNYA”.

    Dan jika mungkin kita belum mendapatkan jodoh hingga akhir hayat kita, jangan lah kita berkecil hati. Karena di akhirat Allah sudah menyiapkan ribuan bidadari untuk mencintai dan menyanyangi kita dan dapat pula kita persunting untuk menjadi teman hidup kita selama – lamanya.

    {Essai by; Y@n[_]4R }

  15. RODA
    Tahukah teman-teman bahwa ada banyak benda disekitar kita yang kelihatannya sepele,tetapi sesungguhnya mempunyai arti yang sangat besar bagi kehidupan manusia? Tanpa kehadiran benda-benda itu, manusia belum tentu dapat mencapai tingkat kemajuan seperti sekarang. Salah satu dari benda-benda itu adalah roda. Roda dipercaya sebagai salah satu temuan besar yang mengubah kehidupan manusia.
    Roda merupakan salah satu benda buatan manusia yanag paling penting. Tanpa roda,amatlah sulit bagi kita untuk berpindah dari satu tempat ketempat lain. Apalagi jika tempat tujuan itu jauh dan kita membawa banyak barang. Cobalah teman-teman bayangkan bagaimana sulitnya menggerakkan sebuah gerobak tak beroda yang berisi batu berat. Tentu sulitkan?
    Roda tidak hanya berperan penting bagi manusia dalam bidang transportasi. Roda pun berjasa dalam bidang mesin dan teknik,misalnya roda pada alat pembuat keramik,roda pada mesin uap,dan berbagai bentuk gerigi didalam jam dan kamera.
    Apakah pernah tidak ada roda? Kemungkinan pernah,tetapi masa itu adalah zaman dulu sekali,kurang lebih ribuan tahun yang lalu. Dulu aku sulit membayangkan bagaimana roda sempat tidak ada dalam kehidupan manusia. Mungkin teman-teman juga berfikir demikian. Pendapat itu mungkin disebabkan disekitar kta ada banyak sekali benda yang berbentuk dan mempunyai fungsi seperti roda. Jadi kita menganggapnya sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari.
    Istilahnya “ Sudah ada dari sananya”. Dalam keseharian kita melihat roda dalam bentuk ban mobil dan motoryang hilir-mudik dijalan,itu baru salah satu contoh,masih banyak lagi benda-benda disekitar kita yang menggunakan roda.
    Selain pada mobil dan motor,roda juga sangat penting pada kincir air. Kincir air yang pertama dibuat oleh bangsa Yunani. Sampai saat kini pun,kincir air masih digunakan diberbagai daerah,mulai bentuk yang paling sederhana,hingga kincir air yang modern
    Alat lain yang menggunakan roda adalah roda pemintal yang digunakan untuk memintal sutra,wol,dan kapas sehingga menjadi benang. Untuk selanjutnya,benang ditenun menjadi pakaian.
    Sebelum roda ditemukan, manusia menggunakan gelondongan batang kayu untuk memindahkan barang berat . Sejumlah gelondongan kayu diletakkan dibawah batu besar sehigga batu itu dapat digerakkan dengan mudah.
    Demikianlah, roda memounyai peran yang sangat besar artinya dalam memajukan kehidupan manusia. Melalui berbagai contoh diatas , kita bias tahu bahwa roda memudahkan kita untuk membawa barang berat.

  16. Aku Menjadi Orang yang Tak Pernah Ku Duga

    Aku adalah anak ketiga yang terlahir dari keluarga yang sederhana, ayah ku hanyalah seorang buruh kerja yang harus mengucurkan keringat dengan deras diseluruh tubuhnya. Ibuku hanyalah seorang pedagang nasi yang juga harus meggunakan tenaga yang super extra untuk berjualan. Semua itu mereka lakukan untuk mencukupi kebutuhan keluarga kami dan juga untuk menyekolahkan aku beserta kedua saudaraku.
    Orang tuaku berkeinginan ketiga anaknya menjadi seorang sarjana yang memiliki titel. Ya…! Maklum, kedua orang tuaku hanya memiliki ijazah SD,jadi mereka tidak menginginkan anak mereka bernasib sama seperti mereka. Sekarang kedua saudaraku sudah menjadi sarjana. Betapa bahagianya mereka saat saudara-saudaraku diwisuda, tangis bahagia pun tak dapat mereka bendung karena usaha yang telah mereka lakukan menjadi tidak sia-sia.
    Tepat setelah satu tahun setelah saudara keduaku menjadi sarjana, ayahku berhenti bekerja menjadi buruh kerja dikarenakan kantor tempat ayahku bekerja bangkrut, dan semua ini menambah beban bagi keluarga kami. Apalagi aku pada saat itu masih duduk dikelas 3 SMP,rasanya pada saat itu aku tak mungkin dapat mengikuti jejak kedua kakaku.
    Setiap harapan pastilah tercapai, setiap doa pastilah terkabulkan dan setiap usaha pastilah berbuah manis, semua kata-kata itulah yang membuatku tak pernah putus asa. Kini secercah harapan mulai bersinar kembali, karena aku sekarang sudah duduk dikelas 3 disebuah sekolah menengah atas yang cukup terkenal dikota tempat aku dilahirkan dan juga aku kini dapat sedikit membantu orang tuaku dalam masalah ekonomi. Walau pun aku sekarang disibukkan dengan segudang aktivitas disekolahan, aku menjadi seorang guru mengaji ditempat aku tinggal. Aku mengajari anak-anak tetanggaku yang masih duduk dikelas SD, dan mereka memenggilku dengan sebutan “kaka”, ya…..!Maklum karena umur mereka tak terlalu jauh denganku, dan juga aku tidak ingin mereka menyebutku dengan sebutan guru, karena aku merasa lebih baik disebut pembimbing daripada disebut seorang guru. Semua itu kulakukan sudah selama dua tahun.
    Rupiah demi rupiah ku kumpulkan, walaupun semua itu tak banyak. Ya….! Paling tidak, aku dapat memenuhi sebagian kebutuhanku sendiri tanpa harus meminta dengan orang tuaku. Memang tak semua itu kulakukan demi uang, tapi semua itu kulakukan karena aku prihatin dengan anak-anak yang buta huruf Al-qur’an dan aku juga tidak memasang tarif atas jasa yang aku berikan. Walaupun begitu, ada saja orangtua murid yang memberikan uang sebagai tanda terima kasih mereka karena aku telah membimbing anak mereka membaca Al-qur’an. Sekali lagi aku katakan, semua itu kulakukan hanya untuk mencari keridhaan dari-Nya.
    Selain aku dapat mendapatkan pekerjaan, dagangan orang tuaku juga sudah mulai ramai dikunjungi oleh pelanggan.Dan ternyata terbukti, semua doa yang ku panjatkan ternyata sedikit demi sedikit terkabulkan, seberkas cahaya sudah mulai menyinari jalanku menuju.
    Ya…! Allah berikanlah kepada kami ilmu dan rizky yang baik. Ilmu dan rizky yang dapat membuat kami selalu tunduk dan taat kepada-Mu. Ilmu dan rizky yang selalu bermanfaat bagi kami dan orang lain.
    Ya…! Allah, apabila ilmu dan rizky-Mu itu berada diatas langit-Mu, mak turunkanlah untuk kami. Apabila ilmu dan rizky-Mu itu berada didalam perut bumi-Mu, maka keluarkanlah untuk kami dan apabila ilmu dan rizky-Mu itu berada diantara keduanya, maka mudahkanlah kami untuk mendapatkannya.
    Ya…! Allah tunjukilah hati kami kejalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat pada mereka, sedang mereka itu bukan orang-orang yang Engkau murkai dan bukan pula orang-orang yang tersesat.
    Ya…! Allah, wahai Engkau yang mengabulkan doa hamba-Nya, perkenankanlah doa kami ini. Amin ya rabbal alamin.
    Ternyata dibalik semua beban yang telah diberikan kepada keluarga kami, tersimpan sebuah hikmah yang sangat berarti bagi keluarga kami. Dari semua pengalaman yang aku alami ini, aku mendapatkan sebuah pelajaran yang sangat berharga bagi diriku. Sesuatu yang baik bagi kita mungkin tidak baik bagi Allah, namun sebaliknya sesuatu yang tidak baik bagi kita munkin baik bagi Allah. Dan juga kita jangan sekali-kali berprasangka buruk Kepada Allah apabila kita ditimpakan musibah oleh-Nya, munkin dibalik musibah itu terdapat sesuatu yang manis buat kita, asalkan saja kita selalu bersabar untuk menghadapinya.

  17. Step by Step

    Di dunia ini Allah sudah menetapkan bahwa setiap orang adalah berpasang-pasangan. Laki-laki dan perempuan. Pria dan wanita. Dan itu akan dikuatkan dengan tali pernikahan. Tentu saja sebelumnya akan ada masa saling mengenal yang biasa kita sebut pacaran.

    Pacaran… mengapa orang kadang begitu menginginkannya? Begitu mendambakannya. Jawabnya mungkin simpel saja, karena setiap orang pasti nggak pengen sendiri. Aku ingat apa yang pernah kakak angkatku bilang padaku “I hate to be alone. But I does’nt like crowd!”.

    Ada satu istilah yang kadang dikaitkan dengan pacaran. Jomblo… apa arti istilah itu menurutmu? Orang yang nggak punya pacar? Atau orang yang belum pernah punya pacar? Kebanyakan orang pasti menjawab, “orang yang nggak punya pacar.” Lalu, orang yang belum pernah pacaran sepertiku disebut apa dong?

    Yup, kamu memang nggak salah baca, aku memang belum pernah pacaran. Menurut teman-temanku itu benar-benar parah. Masa’ sudah kelas 3 SMA belum pernah sekalipun pacaran?! Kakak angkatku pernah nanya, “Kenapa ga pacaran aja sih de?” dan seorang temanku juga bilang, “Apa nggak bosen ngejomblo mulu dari bayi?” Menurutku…biasa aja kale! Ya, memang banyak teman-temanku yang penasaran karena aku memang tertutup soal itu. Akibatnya mereka malah jadi menerka-nerka apa yang ada dipikiranku, dan terkadang itu membuatku risih.

    Aku berbuat itu bukan tanpa alasan. Hal pertama yaitu karena larangan orang tua. Yaaah…alasan klasik. Memang klasik, lalu apa? Nggak boleh? Terserah aku dong. Bagiku itu penting! Coba pikir, mengapa orang tua yang sangat menyayangi kita dan mengerti kita melarang untuk pacaran. Alasannya mungkin karena mereka khawatir kalau-kalau nanti mengganggu pelajaran, takut nilainya anjlok, terus nggak bisa melanjutkan keinginan orang tua , atau kalau aku tebak, mereka berar-benar mengerti keadaan anaknya, seakan sudah tahu kelakuan anaknya jika pacaran atau cuma jatuh cinta. Hal terakhir yang aku sebutkan itu pernah aku rasakan dan ceritanya nggak perlu aku tuliskan disini.

    Hal kedua adalah karena aku merasa belum siap untuk dekat dengan lawan jenisku, cukup cuma berteman, itu sudah membuatku senang. Aku pikir untuk pacaran kita perlu kedewasaan dalam berpikir dan sudah matang dalam mengenal diri sendiri. Bagaimana mungkin orang yang nggak mengenali dirinya bisa mengenalkan diri pada orang lain? Untuk mengerti diri sendiri saja belum bisa, malah minta orang lain untuk mengerti dirinya.. haaah, aneh!

    Dan hal terakhir adalah karena aku orangnya nggak pede. Salah satu faktornya adalah penampilan fisikku. Aku nggak merasa cantik dan juga nggak merasa langsing. Untuk yang satu ini aku tidak terlalu memikirkannya. Cuek saja… Sahabatku sering bercanda, dan bilang kalau aku seperti bola. Haha.. dasar aneh. Dan satu lagi, dia pernah bilang, “Burung hantu mirip ma elu. Tukang tidur, ndut, badan gede” Dasar, nggak kira-kira dia kalau ngomong. Tapi itu aku anggap hanya gurauan, walaupun memang kenyataan. Hehe…

    Aku memang pendiam dan terkadang menyendiri, dan aku juga sering berpikir kalau saja ada yang mau menemani. Tapi mau bagaimana lagi, bapakku mengizinkan pacaran kalau aku sudah kuliah. Pernah aku menggumam, “itu kalau keburu kuliah, kalau nggak? Gimana?” Tapi yang namanya sudah janji, ya harus ditepati.

    Aku pernah merenung, dan menemukan sedikit kata-kata yang membantuku menahan rasa ingin meninggalkan janji itu. “Sendiri itu tidaklah buruk. Kau tahu? Sendiri itu kuat. Dalam kesendirian, kamu mengerahkan seluruh kemampuan yang ada pada dirimu untuk bertahan. Dan kamu akan menjadi orang yang kuat.” Tapi kata-kata itu menurutku terlalu egois, jadi aku tambah saja “Tapi aku menghargai orang-orang yang selama ini berada disekitarku. Orang yang membantuku. Orang yang membuatku bergerak dari diamku. Orang yang membuatku berceloteh panjang. Orang yang membuatku merasa punya hati. Dan orang-orang itu adalah kekuatan bagiku. Aku menghargainya”

    Tapi bagaimanapun, aku nggak bisa terus sendiri. Paling tidak aku persiapkan dulu sebelum ortu memberi izin. Dan aku juga harus mencari. Mencari pemikiranku yang dewasa. Mencari diriku yang sebenarnya. Lalu mencari orang yang mau menemaniku. Yah, walaupun tidak bisa langsung semuanya. Tapi aku percaya. Step by step I believe I can do it.

  18. APA KATA ORANG ?

    Masa remaja adalah masa di mana seseorang sudah mulai menentukan jalan hidupnya sendiri. Di masa ini, para remaja mudah sekali terpengaruh oleh segala sesuatu hal dimana mereka sangat peka untuk mencoba sesuatu hal yang dianggap mereka baru. Diantaranya adalah masalah trend, pergaulan, pola pikir dan lain sebagainya. Banyak diantara mereka yang terjerumus ke “lembah hitam” dan tak jarang pula masa depan mereka hancur akibat ulah mereka sendiri.
    Suatu hari aku ditanya temanku “Apakah kamu tidak bosan dengan hidupmu yang begini-begini saja ?”. Lalu, aku menjawab “Buat apa bosan, toh kalau bosan aku ngga’ mungkin bisa bertahan sampai sekarang, dan bagi ku hidup hanya untuk sekali, jadi apapun yang aku dapat adalah merupakan anugerah dari-Nya yang wajib untuk di syukuri” . Tak henti-hentinya temanku membujukku supaya aku dapat merubah hidupku. Dan akhirnya, akupun berkata kepadanya “Seseorang akan berubah sifatnya sesuai dengan bertambahnya usia dan banggalah menjadi diri sendiri karena Tuhan menciptakan manusia dengan keunikannya(kelebihan & kekurangan) tersendiri karena apabila dua orang manusia atau lebih memiliki sifat dan perilaku yang sama, maka salah satu atau beberapa diantara mereka akan cenderung diabaikan”.
    Hampir setiap saat teman-temanku berkata demikian dihadapanku, tetapi aku tidak sedikitpun mencerna semua ucapannya. Yang ada di dalam benakku hanya “Jika seseorang ingin menjadi apa yang selama ini menjadi tujuan hidupnya maka ia harus mencapainya walaupun banyak aral rintangan yang mungkin akan menjadi batu sandungan dalam pencapaiannya”.
    Dari pemaparan kejadian yang kualami di atas bahwa setiap manusia memiliki jalan hidupnya sendiri yang tak perlu di campurtangani oleh pihak lain. Seperti kalimat yang kudengar dan mungkin menjadi salah satu prinsip hidupku “Seorang manusia tidak akan berubah nasibnya, kecuali manusia itu merubah nasibnya dengan jerih payahnya sendiri”

  19. PHOBIA

    Tahukah kamu apa itu “Phobia”?? Phobia merupakan suatu ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu. Setiap orang memiliki phobia yang berbeda-beda bahkan ada yang tidak punya phobia. Ada yang phobia terhadap ketinggian, api, benda tajam, air, kegelapan, hewan melata, balon, dan banyak lagi. Mereka memiliki ketakutan yang berlebihan terhadap hal-hal itu karena ada pengalaman buruk atau trauma yang mendalam yang pernah mereka alami.

    Aku memiliki teman yang phobia terhadap balon. Aku sempat merasa bingung, “Kenapa dia phobia terhadap balon?” Padahal balon merupakan mainan lucu yang sangat disukai anak kecil. Hampir semua orang menyukai balon, aku juga suka balon. Setelah aku menanyakan pada dia, ternyata dia sangat takut pada balon karena dulu saat dia memegang balon, balon tersebut pecah tepat di depan wajahnya. Setelah kejadian itu, jangankan memegang, dekat balon saja dia langsung berteriak dan lari.

    Tetapi mengapa kebanyakan orang sering mengejek mereka yang memiliki phobia? Apakah phobia merupakan suatu dosa? Tidak bukan??
    Mungkin sebagian orang berpendapat kalau orang yang memiliki phobia merupakan suatu hal yang dibuat-buat bahkan telalu dibesar-besarkan. Padahal mereka yang memiliki phobia betul-betul merasa takut.

    Kita tidak boleh mengejek-ejek orang yang memiliki phobia. Seharusnya kita malah membantu mereka sembuh dari ketakutan itu. Mungkin mereka pun sudah berusaha untuk sembuh, namun mereka belum menemukan cara termudah untuk penyembuhannya. Namun ada juga yang sudah sembuh dari phobia. Dia berusaha keras untuk melawan rasa ketakutan itu. Selain dengan usaha dukungan yang besar dari keluarga,sahabat, dan teman pun sangat dia harapkan.

    Mungkin cara penyembuhan phobia yang baik menurut aku adalah berusaha dengan keras, kesabaran, menanamkan kepercayaan atau sugesti bahwa yang dia takuti selama ini bisa menjadi hal positif bagi dirinya. Apabila phobianya sangat parah, dia bisa mendatangi psikolog untuk konsultasi. Akan tetapi, hal yang paling utama adalah do’a, semangat, dan dukungan dari keluarga dan orang terdekat. Semoga saja para penderita phobia tidak pernah berhenti untuk berusaha sembuh.

  20. wHeRe’d U Go…?!

    Sebentar lagi kelulusan bakal tiba,apakah kamu udah nyiapin diri buat menghadapi UAN?dan apakah kamu udah memikirkan jalan mana yang akan kamu tempuh setelah lulus SMA?Mau nerusin kePerguruan Tinggi?mau kerja?mau nganggur dulu untuk sekedar mengistirahatkan otak sejenak?atau mau kawin?yah,itu sih tergantung dari keinginan diri masing-masing.

    Namun bila kita lihat lebih dalam,tentu ada alasan yang mendasari berbagai pillihan tersebut.Bagi yang memilih untuk meneruskan pendidikannya ke Perguruan Tinggi,alasan yang paling utama yaitu karena mereka memang orang-orang yang menomor satu kan pendidikan,dan karena mereka juga berpegang teguh pada prinsip “ Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” serta “Gantungkanlah cita-citamu setiggi bintang dilangit”.Dan ada juga orang yang tidak ada kemauan untuk melanjutkan kuliah,dan terpaksa mau hanya karena paksaan orang tua.Namun,juga tidak sedikit orang-orang yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi hanya karena ingin ikut-ikutan trend dan hanya ingin dianggap gaul oleh teman-temannya.

    Sedangkan bagi yang memilih untuk bekerja,tentu faktor ekonomi menjadi alasan utamanya..Banyak yang berfikir “Untuk apa sekolah tinggi-tinggi,toh sekarang banyak para sarjana yang pengangguran,iya kan?”.”Lebih baik kerja dapat uang,dari pada kuliah,cuma buang-buang uang saja..”Pemikiran ini memang banyak dimiliki oleh orang-orang yang hanya memikirkan masa depan dari segi materi.Namun hal seperti ini tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah.Karena pada saat ini kenyataannya memang telah membuktikan bahwa banyak para sarjana yang pengangguran.Jadi status sarjana tidak menjamin seseorang untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

    Dan bagi orang yang kurang memikirkan masa depan dan cenderung malas untuk melakukan hal-hal baru setelah lulus SMA,tentu memilih nganggur dulu dirumah untuk mengistirahatkan otak setelah bertahun-tahun sekolah berkutat dengan rumus dan teori-teori yang membuat pusing kepala.Apalagi Rumus-rumus Matematika,Kimia,dan juga Fisika.Huh,capek deh…Namun kebiasaan ini tidak baik bila terus dilakukan oleh seseorang,karena orang tersebut tidak akan dapat berfikir dewasa dan cenderung hanya memikirkan kesenangan dan tidak memikirkan lagi masa depannya.So,bagi kamu yang memilih untuk istirahat sejenak,baiknya kamu juga harus tetap memikirkan jalan mana yang akan kamu tempuh untuk masa depanmu kelak,agar tidak terjadi penyesalan di akhirnya.

    Nah,pilihan terakhir yang telah di pertimbangkan setelah lulus SMA ini adalah menikah.Adakah diantara kalian yang berfikir untuk menikah muda?Menurut saya,pilihan ini bisa muncul karena banyak diantara kaum muda yang berfikir bahwa dengan menikah mereka dapat mengurangi beban orang tua yang selama ini mengasuh dan menjaga mereka.Selain itu faktor ekonomi juga merupakan salah satu alasan mengapa orang mau menikah muda.Apabila seorang tersebut memiliki calon pasangan dengan tingkat ekonomi menengah keatas,maka seorang tersebut tidak perlu lagi pusing untuk memikirkan bagaimana kehidupannya kelak.Meskipun begitu,kita juga harus memikirkan berbagai akibat yang dapat terjadi apabila kita memutuskan untuk menikah muda.Selain faktor ekonomi dan kemampuan,faktor kesiapan juga berpengaruh besar dalam hal mempertahankan pernikahan,dimana pada umur yang masih muda,kejiwaan kita cenderung masih labil pada saat menghadapi berbagai masalah rumah tangga yang mungkin akan terjadi kelak.Untuk itu,sebelum kita memutuskan untuk menikah muda,kita juga harus mempersiapkan berbagai yang diperlukan agar rumah tangga yang akan dibina dapat terjalin dengan baik.

    Nah,dari berbagai pilihan tersebut yang manakah yang menjadi pilihanmu?Namun apapun yang menjadi pilihanmu nanti,kamu harus tetap memikirkan apakah sesuatu yang menjadi pilihanmu tersebut akan mendatangkan kebaikan pada dirimu nanti,jangan sampai kesenangan membuatmu hanyut dan mengabaikan masa depanmu kelak.Ok?! 

  21. Rock n’ Roll Bukan Baby Doll

    Rock n’roll?!Hmm,gaya dan style ini memang sedang ngetrend-ngetrendnya di kalangan anak muda.Maklum,anak muda sekarang kan memang paling suka sama gaya yang amburadul,berbeda dengan anak muda zaman dulu yang kuno dan cenderung jadul banget.

    Pada masa sekarang,harus diakui bahwa kebudayaan luar memang sedang marak mendominasi gaya hidup masyarakat Indonesia,dan kehidupan para remaja khususnya.Lihat saja,dari gaya rambut yang sangat Harajuku style,cara berpakaian dan make up yang serba hitam,serta gaya hidup yang sering keluar malam juga terus di ikuti oeh para anak muda sekarang.Apa gak takut masuk angin tuh mas?!

    Padahal apabila kita perhatikan,gaya hidup seperti ini sama sekali tidak mencerminkan kebudayaan asli Indonesia.Yah,walaupun tidak semuanya buruk,namun kita juga harus tetap menyaring serta memilih style-style yang masih dapat diterima dan masih sesuai dengan kebudayaan Indonesia.

    Namun dibelakang itu semua pasti ada alasan yang melatar belakangi mereka mau terjun ke aliran seperti itu.Dan alasan yang sering kita dengar adalah karena kurangnya perhatian dari orang tua.Karena kenyataannya memang benar,bahwa mereka itu biasanya berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi menengah keatas yang mengalami kegagalan dalam rumah tangga alias broken home.

    Oeh karena itu,sebagai remaja Indonesia,kita jangan terlalu termakan dengan segala pengaruh luar yang mungkin akan membawa kita kedalam pergaulan bebas.Bergaul sih boleh saja,asal masih dalam konteks yang positif.Selain itu kitapun juga harus tetap mengimbanginya dengan pendidikan.Dan pengawasan yang baik dari orang tua adalah salah satu faktor penting dalam menjaga pergaulan anak-anaknya.

  22. GURU IDAMAN

    Siapa sih makhluk tuhan yang diberi gelar Guru? Tentu semua orang sudah tau pengertiannya. Guru adalah orang yang digugu dan ditiru (dalam bahasa jawa kuno) yang artinya orang yang patut kita teladani dan kita ikuti. Dari hal itu kita harus menyadari bahwa menjadi guru itu tidak mudah karena apapun yang kita lakukan niscaya akan dicontohkan oleh muridnya. Jadi, seorang guru haruslah menjadi orang yang baik bagi murid atau anak didiknya.
    Terus muncullah pertanyaan didalam benak kita, gimana sih kriteria guru yang sering jadi favorit bagi muridnya? Tentu jawabannya tidak mudah dan tentunya setiap murid memiliki kriteria tersendiri menurut versinya masing-masing. Untuk menjawab pertanyaan diatas, aku akan membantu melalui pengalamanku selama duduk dibangku sekolah. Aku membagi guru menjadi 10 kriteria yang nyata dan menarik berdasarkan sifat dan sikapnya masing-masing.
    Kriteria pertama yaitu “OTORITER”. Mendengar kata otoriter saja telinga kita serasa risih dan rasanya ingin mengakhiri pembicaraan ini. Wajar, guru ini paling ditakuti dan dibenci oleh muridnya. Soalnya beliau menyulitkan kami, bukan pelajarannya masuk tapi kami malah takut memandang paras wajahnya yang serem dan menakutkan. Selain hal itu, guru yang satu ini tidak segan-segan menghukum muridnya dengan hukuman yang bias menyiksa fisik dfan mental, jiwa dan raga bahkan lahir dan bathin. But “it’s my teachers”.
    Kriteria kedua yaitu “TEORITIS”. Guru ini memegang teguh yang namanya teori dalam pelajarannya, sampai-sampai sering dimasukin kedalam kehidupan sehari-hari pdahal itu nggak penting-penting banget kok. Biasanya guru ini memiliki tenpramental yang rendah sehingga sering mendapat olokan dari kami. But “it’s my teachers”.
    Kriteria ketiga yaitu “SERIUS”. Guru ini sangat amat menginginkan anak didiknya mengerti dan paham akan apa yang diajarkannya sehingga beliau tak segan memarahi murid yang mengganggu dalam proses belajar. Guru ini biasanya pemarah. Hal ini baik sih, tapi kalau serius terus yang ada malah semua murid jadi stress. But “it’s my teachers”.
    Kriteria keempat yaitu “CUEK”. Guru ini paling sulit dimengerti jalan pikirannya, soalnya, beliau hanya memberikan dan terus memberikan materi yang seharusnya kami dapat tanpa mau berpikir keras agar kami paham. Dan pada kenyataannya, sebagian besar murid hanya diam dan terpana akan tingkahnya yang konyol. But “it’s my teachers”.
    Kriteria kelima yaitu “LEBAY” alias berlebih-lebihan. Guru yang satu ini agak aneh dan unik. Pasalnya, beliau terkesan selalu membuat hal-hal sepele menjadi besar dan menggemparkan sehingga beliau akan dating sebagai seorang superhero yang berhasil meredam hal itu. Meliat hal itu kami hanya dapat berdiam diri dengan memasang wajah antusias dan kadang tertawa kecil. But “it’s my teachers”.
    Kriteria keenam yaitu “SOK bin SOMBONG”. Nah, guru yang satu ini sangatlah membuat murid menjadi muak akan omongannya. Pasalnya, beliau terus berbicara dengan nada yang lantang bagi seorang inspirator yang terus membanggakan diri dan orang-orang yang kenal dengan beliau tanpa ada bukti-bukti berarti. Hal itulah yang membuat beliau terlihat sangat terkenal di hadapan kami. But “it’s my teachers”.
    Kriteria ketujuh yaitu “SEMAUNYA”. Guru ini sering kita jumpai tanpa kita merasa sadar akan kehadirannya. Guru ini sering membuat aturan-aturan yang hanya menyulitkan kami dalam berkreasi di dalam kelas. But “it’s my teachers”.
    Kriteria kedelapan yaitu “ENJOY”. Guru ini bersikap “cool” tanpa tersirat sedikitpun wajah yang dapat membuat kami terbelenggu dalam penjara pendidikan. Guru ini banyak disenangi oleh murid. Soalnya, materi-materi yang diberikan terkesan mudah dipahami karena penyampaiannya yang bersahabat tapi tidak sedikit murid yang menyalahgunakan hal ini sehingga mereka terkesan bermalas-malasan dan guru ini kurang dihargai.
    Kriteria kesembilan yaitu “HUMORIS”. Guru ini paling banyak mendapat respon dari murid. Hal ini dikarenakan beliau tidak segan-segan untuk menjadikan dirinya bahan olokan bahkan beliau sering mengeluarkan hal-hal yang konyol yang dapat membuat kami terhipnotis dari kejenuhan dalam belajar. Guru ini sering kita jumpai hamper disetiap angkatan. But “it’s my teachers”.
    Kriteria kesepuluh yaitu “PENGERTIAN”. Guru ini paling dihormati, dan disayangi oleh murid karena beliau selalu dan terus mencoba untuk mengerti kami selaku murid sehingga secara tak sadar kamipun merasa patut untuk mengerti dan memahami apa yang beliau inginkan sehingga terjalinlah suasana kehangatan cinta dikelas. Hal ini menjadikan kami serasa belajar di rumah sendiri dengan suasana keakraban yang kental. Namun, guru ini paling sulit dideteksi alias dicari, Bagaikan mencari jarum dalam jerami, sulitkan??. But “it’s my teachers”.
    Itulah guru-guru yang pernah kujumpai selama perjalanan hidupku.Ironis sih kedengarnya but “it’s my teachers”, orang yang telah di utus oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk membuatku memiliki kepandaian, kemampuan, pengalaman dan banyak hal lain yang membuat hidupku lebih berarti dan bermanfaat, baik bagi diriku maupun bagi orang lain. Beliau tidak segan-segan menyerahkan hidupnya untuk berbagi ilmu dengan orang lain sehingga pantas beliau disebut “Pahlawan tanpa tanda jasa” dan orang tua kedua dalam kehidupanku.
    So, bagaimana pun sifat dan sikap gurumu, jangan pernah sekalipun kita membuatnya merasa tersakiti karena beliau hanyalah manusia biasa yang memilki kekhilafan, sifat dan sikap masing-masing. Kita yang sekarang tak akan ada apa-apanya tanpa jasa-jasa beliau yaitu “GURU”.

    “Terima kasih GURU”

  23. Ramalan

    Apa sih ramalan itu ? dan kenapa juga banyak orang yang mempercayai ramalan tersebut ? awalnya sih orang cuma ingin tau aja gimana kehidupannya. Contohnya dengan membaca rubrik zodiak dimajalah-majalah. Namun herannya terkadang ramalan itu benar apa adanya. Apakah itu hanya kebetulan atau kenyataan. Banyak orang yang mengatakan bahwa ramalan itu adalah suatu prediksi yang terjadi di masa depan, entah itu kejadian yang bersifat positif ataupun negatif. Mau percaya atau tidak itu tergantung dari kita sendiri.

    Ramalan tidak hanya terpatok pada jenis zodiak saja. Banyak perantara yang dapat digunakan, contohnya ramalan dengan tanggal lahir, bentuk wajah, garis telapak tangan, kartu tarot, shio, seduhan teh, dan bahkan saat ini kita bisa diramal hanya dengan menggunakan sebuah nomor handphone. Namun ada peramal yang benar-benar menggunakan indera keenam seperti halnya dengan peramal beken yaitu Mama Lorentz. Dia adalah seorang sosok peramal yang bijak, tak ayal banyak orang percaya dengan ramalannya. Karena ramalannya yang dari tahun ke tahun selalu benar adanya. Selain itu ramalan Mama Lorentz yang memang terbukti dan terjadi pada orang yang diramalnya. Seperti di dalam dunia entertainment atau dunia keartisan ramalannya hampir 75 % terbukti. Entah kenapa ramalan itu bisa terjadi, mungkin banyak aspek yang mendukung. Dan kita tidak tau apa itu aspeknya ???

    Ada cara yang lumayan mudah untuk diramal dari pada harus mengeluarkan ‘money’ yang besar untuk datang keperamal yaitu dengan nomor handphone. Tapi menurut beberapa klien, peramal dari via sms ini mengakui setiap ramalan yang dikirim selalu sama. Mungkin ini hanya sebuah permainan untuk membawa orang masuk dan bergabung dalam dunia maya yang mana dari hal tersebut banyak keuntungan besar yang didapat.

    Dulu aku pernah mengikuti ramalan lewat via sms dan kenyataannya pesan yang dikirim memang selalu sama. Akan tetapi disisi lain aku juga pernah diramal oleh orang yang ahli dalam bidang ramalan. Ketika itu aku diprediksikan bahwa suatu saat nanti aku akan mengalami suatu kejadian dimana aku akan kehilangan orang yang berarti dalam hidup aku. Saat itu aku berada dalam kebingungan. Antara percaya atau tidak. Tapi akhirnya ramalan itu benar-benar terjadi dalam hidup aku. Dan didalam benak aku sempat bertanya-tanya apakah itu suatu kebetulan atau sebuah ramalan yang nyata apa adanya.

    Aku juga tidak tau dari mana asal usul orang bisa meramalkan sesuatu. Tetapi sepengetahuan aku bahwa kebisaan seseorang untuk meramal itu adalah suatu anugerah yang diberikan Tuhan untuk menjalankan hidup dan untuk membantu orang lain dalam memprediksikan masa depan. Ada juga yang bilang bahwa ramalan itu berasal dari nenek moyang mereka yang diturunkan kepada keturunannya sebagai perantara. Akan tetapi semuanya kembali lagi kepada yang diatas karena segala sesuatu yang terjadi adalah sebuah takdir Tuhan YME.

    Dalam sebuah ramalan dimana jika kita terlalu mempercayainya, tak heran dan niscaya ramalan itu akan terjadi. Sebaliknya jika kita tidak mempercayai akan sebuah ramalan, mungkin ramalan atau prediksi tidak akan terjadi pada diri kita. Karena keyakinan akan sesuatu hal adalah sebuah kunci dalam menjalankan hidup.

    Sesungguhnya dalam agama Islam umatnya dilarang untuk mempercayai yang namanya ramalan. Karena ramalan tersebut dapat mendahului takdir Tuhan. Akan tetapi kita juga harus percaya bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini diciptakan Tuhan tidak ada yang sia-sia. Begitu pula dengan ramalan.

    Selain itu apabila kita bisa berpikiran positif, maka ramalan bukan sebagai pedoman hidup namun merupakan pemacu untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

  24. Backstreet

    Pacaran backstreet? Kenapa tidak?” pemikiran ini pastilah banyak dimiliki oleh para remaja yang hubungannya tidak disetujui oleh para orang tua, jalan ini dipilih agar hubungan antara 2 insan yang saling mencinta dapat terus berjalan walau tanpa restu orang tua mereka. menurut mereka cinta yang sudah bersemi tidak dapat dipisahkan walau tanpa restu orang tua.

    Banyak teman-teman ku yang memilih jalan backstreet, aku sendiri juga memilih jalan itu karena orang tua ku masih tidak membolehkan ku pacaran. Pacaran backstreet memang sedikit ribet, karena tidak seenak atau sebebas seperti pacaran sebagai mana mestinya. Biasanya ku sering bohong sama orang tua cuman hanya untuk bisa jalan sama pacar ku. Di saat kami sudah jalan pun, aku masih belum bias tenang karena harus waspada, takut kalau-kalau ketemu orang tua di jalan.

    Banyak sebab kenapa orang tua melarang anaknya pacaran, salah satunya karena orang tua tidak suka dengan pasangan yang kita pilih atau mereka menganggap kita masih belum cukup umur untuk pacaran. Tidaklah salah apabila orang tua kita berpikir demikian, orang tua kita menginginkan kita focus belajar bukan untuk pacaran, mereka menganggap pacaran hanya dapat membuat kita tidak konsen belajar.

    Bagi para remaja yang bisa mengontrol diri, pacaran backstreet sah-sah saja tapi bagi mereka yang tidak bisa menahan nafsu, maka janganlah pacaran backstreet, karena orang tua tidak dapat mengontrol cara pacaran kita. Aku punya teman, dia pacaran backstreet karena orang tuanya tidak membolehkan dia pacaran. Dan akhirnya teman ku tadi hamil. Orang tuanya sangat terkejut. Padahal orang tuanya tidak tahu bahwa dia pacaran. Betapa kecewanya para orang tua bila kita melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri kita sendiri.

    Bagi para teman-teman yang menjalani hubungan backstreet, janganlah melakukan hal-hal yang dapat berdampak buruk. Dan bagi mereka yang dapat mengontrol dirinya silahkan berbackstreet-backstreet ria.

  25. SEJARAH BANGSA

    Siapa yang tidak tahu dengan sejarah negara kita ini ? Soekarno adalah proklamator dan presiden RI yang pertama yang mengajarkan kepada kita agar jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Sejarah mempunyai sisi baik dan tentu ada pula sisi buruknya. Semuanya kita renungkan, agar yang baik kita teladani dan yang buruk jangan diulangi.
    Kita sangat perlu mempelajari sejarah bangsa kita, sebab sejarah tidak boleh dibiarkan tetap menjadi misteri karena sejarah adalah kumpulan fakta yang harus diceritakan kepada anak cucu selanjutnya. Sejarah bangsa harus diceritakan secara jujur karena fakta dari sejarah itu bisa menimbulkan rasa bangga, menumbuhkan semangat – patriotisme, juga bisa menimbulkan rasa duka bahkan benci dan geram, maka dari itulah sejarah harus diceritakan secara jujur.
    Misalnya, peristiwa G 30 S PKI adalah salah satu bagian sejarah negara kita yang perlu kita ketahui agar kita mengenal secara utuh bagaimana para pahlawan bangsa kita berjuang. Dan masih banyak peristiwa-peristiwa sejarah lainnya yang perlu kita ketahui ceritanya.
    Kita harus belajar dari sejarah, karena menjadi sumber pelajaran yang benar, agar sisi baiknya dapat kita teladani dan sisi buruknya tidak kita ulangi lagi. Dengan belajar sejarah pun juga akan membuat generasi penerus bangsa bisa menjadikan bangsa kita ini menjadi bangsa yang baik dan lebih baik lagi.

  26. CINTA DAN KEBENCIAN

    Kalian pasti pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Tapi, pernahkah kalian merasakan cinta yang tiba-tiba berubah menjadi kebencian yang mendalam ? Tentu saja ada penyebab dibalik itu semua, yaitu sebuah pengkhianatan. Saya yakin tidak sedikit diantara kita pernah menjadi korbannya.
    Ketika cinta menghampiri seseorang, kehidupan yang terjadi di dalam dirinyapun seolah-olah berubah. Cinta bisa mendorong seseorang menjadi lebih baik dan selalu ingin menjadi manusia yang paling sempurna. Tentu saja demi menarik perhatian si Dia. Banyak pengorbanan yang dilakukan demi cinta. Waktu, pikiran, materi dan perasaanpun menjadi taruhannya. Tapi itu semua tidak berarti ketika cinta yang menggebu menderu di dalam hati.
    Kebahagiaan, kehangatan, kasih sayang, kepercayaan dan ketulusan terus menemani perjalanan hidunya. Bagi mereka yang sedang jatuh cinta, tidak heran merasakan ini semua. “Dunia terasa berhenti berputar, jantung tak lagi berdetak, nafas pun tak lagi sempat terhela. Setiap waktu otak tak pernah berhenti tanpa memikirkannya, hati tak pernah berhenti menyebut namanya. Hanya dirinya yang mampu membuat ku terus melangkah untuk menyeberangi jembatan kehidupan yang masih jauh ini”. Itulah yang sering dikatakan para pecinta yang sedang mendeskripsikan suasana hatinya.
    Tapi pernahkah terbayangkan di benak kita ketika cinta yang selama ini dipenuhi dengan segala ketulusan tiba-tiba dikhianati ? ( Ya, sakit sekali ). Cinta yang dulu pernah bersemi, kini menjadi dendam dan benci. Semua yang telah diberikan terasa sia-sia. Betapa tidak, seseorang yang telah diberikan kepercayaan dan harapan kini berubah menjadi seorang pengkhianat. Penyesalanpun terus membayangi jalan hidupnya. Disaat-saat inilah seseorang sangat memerlukan tempat untuk mengadu. Mereka sangat membutuhkan seseorang yang dapat membangkitkan kembali jiwa hidupnya. Namun apabila tidak, mungkin saja mereka nekat untuk menjerumuskan dirinya sendiri ke arah yang negatif, seperti narkoba, minuman keras bahkan untuk melukai dirinya sendiri.
    So, buat kita yang sedang jatuh cinta, “Cintailah cinta itu secara proporsional”. Apakah kita pantas mencintai dirinya sebesar dan setulus itu ? Pertimbangkanlah terlebih dahulu agar kita tidak terlalu kecewa di kemudian hari. Untuk apa kita mencintai seseorang jika pada akhirnya cinta itu hanya bisa membuat kita dendam dan benci kepada dirinya yang dulu pernah kita sayangi ? Sayang kan teman ?

  27. ML, Why Not,,,!

    Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ML or Making Love ataupun sudah ada yang pernah melakukannya, tapi mungkin ada juga yang belum tahu dengan istilah itu. ML or Making Love adalah suatu perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh orang yang sudah nikah tapi kamu yang belum nikah sudah pernah melakukannya. Kenapa?
    Mungkin itu karena sudah majunya teknologi yang menyebabkan mereka dengan mudahnya menggunakan teknologi seperti internet untuk mencari foto maupun video yang belum seharusnya dikonsumsi oleh seumuran remaja sekarang ini.
    Sehingga mereka ingin melampiaskan apa yang telah mereka lihat dari foto maupun video tersebut dengan pacar mereka sendiri. Walaupun mereka yang telah melakukan ML tersebut atas dasar saling cinta. Tetap saja itu perbuatan asusila.
    Apa kamu tidak memikirkan, bahwa yang namanya ML itu perbuatan asusila dan merupakan dosa besar. Semua agama melarang yang namanya ML, karena dosanya sama seperti orang yang melakukan perbuatan zina.
    Apa kamu juga tidak memikirkan, jika kamu yang telah melakukan ML berarti telah melepas keperawananmu. Apa kata keluargamu jika kamu sampai hamil di luar nikah.
    Masalah semakin besar jika kamu yang telah hamil di luar nikah, memutuskan untuk menggugurkan anak yang kamu kandung, sebab kamu telah melakukan dua dosa.. Di luar sana masih banyak orang yamg mengharapkan akan hadirnya seorang anak. Tapi kamu begitu mudahnya memutuskan untuk menggugurkan anak tersebut
    Bagi kamu yang masih remaja, di sekolah kalian telah diajarkan oleh guru kalian, yang namanya ML merupakan perbuatan asusila dan juga merupakan salah satu perbuatan dosa besar. Menurut saya kamu yang sudah mempunyai pacar jangan sekali-sekali berniat untuk melakukan ML.
    Banyak akibatnya sepeti hamil di luar nikah, mungkin juga kalian dapat tertular penyakit AIDS. ML, Why Not, But kamu harus nikah dulu untuk menghindari perbuatan asusila dan juga dosa.

  28. Pernikahan ???? Perlu Ngga Seeehhhh….????

    Beberapa waktu yang lalu ada seseorang yang berkata kepada saya bahwa “Hidup lo nggak bakal sempurna kalau lo belum ngerasain yang namanya kawin” . Saya langsung berkata dalam hati “Masa sih ???” . Pasalnya apabila kita lihat dari beberapa tayangan di televisi dan berita di majalah dan koran akhir-akhir ini , banyak sekali masalah kekerasan dalam rumah tangga dan masalah percereaian . Hampir setiap hari berita tersebut wara wiri di media cetak ataupun elektronik . Bahkan kalau kita lihat dari data , Pengadilan Negeri dan kantor Polisi bisa mencatat hampir 10 kasus perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga dalam satu harinya di Indonesia . Bukan main ….!!!!!!! Lalu apakah itu yang disebut dengan kesempurnaan hidup ???

    Sebenarnya kesempurnaan hidup tidak hanya berasal dari sebuah pernikahan . Banyak orang yang merasa hidupnya sempurna walaupun tidak memiliki pasangan . Hal tersebut dikarenakan mereka memilikik arti hidup yang sesungguhnya . Mereka memiliki kebebasan hidup baik dalam berpikir maupun bertindak . Masalahnya sekarang adalah masih banyak masyarakat Indonesia yang mengangap sebuah pernikahan adalah segalanya . Mereka masih sangat mengagungkan yang namanya pernikahan . Buktinya banyak masyarakat yang mencibir wanita atau pria yang usianya sudah menginjak kepala 3 tetapi belum menikah . Kalau wanita , pasti pikirnya perawan tua lah (padahalkan tua sih boleh iya tapi kalau perawan belum cencyuuuuuuuuu…..hehehehe ….), nggak laku lah , atau lainnya . Sedangkan kalau pria nya pasti langsung dicap sebagai seorang gay atau nggak laku juga .Luar biasa ….!!!! Sungguh kasian orang orang yang memiliki pemikiran seperti itu . Bagaimana bangsa Indonesia bisa maju kalau masyarakatnya saja masih berpikiran secara konservatif .

    Sebenarnya sih saya bukan orang yang anti dengan sebuah ikatan yang bernama pernikahan karena bagaimanapun juga saya hanyalah manusia biasa yang membutuhkan seseorang untuk bisa menemani saya sampai hari di mana saya akan menutup mata untuk selamanya . Akan tetapi , apabila dilihat dari beberapa contoh pernikahan yang sangat melenceng jauh dari ikrar sehidup semati yang sesungguhnya dan sangat tidak mencerminkan sebuah kebahagiaan yang hakiki , saya menjadi berpikir 1000 kali lagi untuk membuat diri saya berada dalam sebuah naungan pernikahan . Banyak hal yang perlu saya pertimbangkan untuk membuat sebuah komitmen suci di hadapan Tuhan karena saya hanya akan menikah sekali seumur hidup . Saya tidak ingin pernikahan menjadi sebuah beban untuk diri saya . Pernikahan bukan hanya sebagai alat untuk melegalkan sebuah asmara . Lebih dari itu pernikahan saya anggap sebagai sebuah tahap bagi diri untuk mendekatakan diri dengan Tuhan karena dengan menikah kita lebih dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan .

    Jangan menikah hanya karena gengsi atau nafsu belaka karena sebuah pernikahan akan membawa kenikmatan apabila kita membangunnya dengan atas nama cinta . OK !!!

  29. “ Jadi Perempuan Itu
    Enak !!!!! “

    Apa sih enaknya jadi Perempuan ?? Pasti orang–orang pada bertanya–tanya seperti itu,apalagi sampai kaum Adam yang baca judul ini. Dan kalau ada pertanyaan pilih mana mau jadi perempuan atau jadi Lelaki ? Aku pasti akan memilih dengan pasti pilihan yang pertama. Gimana tidak ? Dari belasan tahun yang aku jalanin menjadi seorang perempuan,aku merasa ada banyak hal yang menyenangkan yang mungkin tidak di dapatkan oleh seorang lelaki. Contoh paling gampang adalah bias pakai celana panjang kapan pun kita suka,bias ke salon kapan pun kita mau ( kalau banyak duit nya seeeehhh ),bisa centil-centilan mengikuti tren mode tanpa mesti risih orang akan memandang aneh ke kita. Sementara mereka (para lelaki di sana ) mesti punya alasan yang kuat dulu sebelum memutuskan pakai rok atau sering ke luar masuk salon sekadar creambath,manicure,pedicure,apalagi sampai luluran. Iya kan ????
    Nah itu tadi baru sebagian dari enaknya jadi perempuan. Tapi jangan salah,ada juga sisi tidak enak dari seorang perempuan itu. Misalnya saja saat masih ada orang-orang yang bilang kalau perempuan itu lemah,tidak mandiri lah dan tidak selevel dengan lelaki. Huuuuhhhhh…sebel banget deh mendengarnya !! Padahal tidak perlu lah di gembor-gemborkan selalu kata-kata yang tadi. Dan kalau saja mereka mau jujur dengan mau melihat ke sekeliling kita,tidak sedikitkan perempuan yang berhasil berprestasi melebihi lelaki. Bahkan ada yang sampai jadi pemimpin sebuah negara,contohnya Megawati kan yang pernah menjadi presiden Negara Indonesia. Dan aku juga punya cerita tentang teman sepupu aku yang bersekolah di sekolah homogen atau di lingkungan sekolah itu khusus perempuan saja mau tidak mau kan membuat mereka menjadi perempuan yang mandiri. Contohnya saat mereka harus mengadakan acara-acara tahunan yang lumayan besar,semua pekerjaan harus di tangani sendiri. Mulai mengurus dekorasi yang harus menaiki tangga,memaku-maku,dan juga untuk urusan mengangkat-angkat bangkuuntuk para undangan yang tentu jumlahnya tidak sedikit,lagipula tidak mungkinkan kalau mereka selalu minta tolong teman-teman Lelaki dari sekolah sebelah untuk membantu mereka ? Jadi,selama mereka mau,mereka sangat bisa kok tidak selalu tergantung sama lelaki. Lalu setelah terbiasa tidak bergantung sama lelaki,terbiasa mengerjakan semuanya sendiri dan biasanya datang masalah baru. Di bilang tidak butuh bantuan lelaki,sok cuek,perempuan brutal,tidak menghargai lelaki,dan seterusnya lah…… Padahal sangat tidak ada hubungannya,apalagi kalau itu di hubungkan dengan homogenitas sekolah mereka.
    Okelah,mungkin di sekolah mereka mengangkat bangku sendiri,sering malas ke kamar mandi kalau mau ganti baju saat pelajaran olahraga,suka sembarangan kalau duduk pakai rok,tapi itu kan kalau di sekolah,dan hanya sama teman-teman mereka saja. Tidak akan terjadi kalau mereka sedang berhadapan dengan guru,apalagi kalau gurunya seorang lelaki. Mereka juga tahu kok batas-batasnya. Aduh…Please dong zaman sudah berubah !!! Bukan lagi zamannya”Siti Nurbaya” yang selalu di atur –atur tidak boleh ini lah dan tidak boleh itu lah.. bener kan ??????????
    Memang aku akui kalau terkadang mereka memang mempunyai cara pandang yang beda tentang kedudukan antara perempuan dengan lelaki. Mereka juga merasa sah-sah saja bersaing dengan para lelaki untuk tahu siapa yang terbaik. Bahkan sah-sah saja kalau harus berdebat dengan mereka(asal tidak pakai fisik ya..) kalau sampai terjadi seperti itu,,wah ..itu kejadian yang sangat memalukan mending lelaki itu di suruh saja ganti celana panjangnya pake rok saja deh….(ha ha ha…)
    Soalnya menurutku jadi perempuan mandiri itu ”Harus dan Oke”,tapi tetap ada juga batasan mandiri itu sampai mana,karena biar bagaimanapun kaum perempuan,terutama aku masih respect Lo sama kaum hawa yang mau mengasih tempat duduknya untuk orang yang lebih tua (So Sweet Banget….).Masih seneng dan berbunga-bunga kalau saat akan kencan,dan dengan pacar kita yang sering menjemput dan mengantar kita pulang..Ya gak…???????
    Hmmm…Kalau yang itu tidak boleh dong di hubungkan dengan mandirinya perempuan,karena itu soal etika dan hati…(he he he )
    (Benerkan,jadi perempuan itu enak,soalnya pekerjaan lelaki apa seh yang tidak bisa di kerjain sama perempuan ??? Apa coba(pikirin aja sendiri yah)
    Dan aku sangat merasa beruntungberada di lingkungan sekolah yang mengingatkan kalau kita ini para kaum Hawa adalah pendamping kaum Adam…. Nah, itu artinya kan kita ( kaum Hawa maksudnya) itu mempunyai kedudukan juga yang sejajar dengan kaum Adam…..Bener tidak,,,,,(Bener banget)..he he…

  30. NASIB KITA

    Mendengar kata negara pasti membuat kita berpikir sangat luas,dan banyak yang kita harapkan dari negara ini.contohnya adalah sebuah ‘kemajuan’.MAJU adalah suatu kata yang sangat sulit diartikan,bisa dibilang memiliki makna yang relatif.Sekarang kita hidup dalam suatu negara yang terdiri dari beberapa pulau,sudah merdeka,dan memiliki sistem pemerintahan yang bersifat demokrasi.Tapi apakah sampai saat ini kita telah merasakan dampak dari kemerdekaan itu dan apakah kita sudah ‘MAJU’???.Sepertinya ini adalah pertanyaan yang sulit untuk dijawab oleh rakyat Indonesia.
    Pada saat ini kalangan di’atas’,seperti halnya para petinggi,pejabat,serta orang-orang kalangan atas yang biasanya disebut orang ‘borju’ ini merasakan kehidupan yang maju serta merdeka.Sebagian dari mereka pasti menjawab bahwa negara ini telah maju dengan pesat.Tapi bagaimana dengan rakyat-rakyat yang berada di’bawah’ mereka pasti menjawab pertanyaan ini dengan jawaban ‘belum maju’.Mengapa dapat terjadi di kehidupan rakyat Indonesia saat ini????
    Dalam dunia pendidikan saja masih banyak yang tertinggal dan bisa dikatakan belum maju dan berjalan dengan baik.Karena masih banyak kertelbelakangan yang dialami oleh beberapa rakyat Indonesia.Contohnya : banyak anak yang tidak mengenyam masa pendidikan,hanya dikarenakan tidak bisa membayar kewajiban sekolah,danya anggapan bahwa sekolah itu tidak penting.Selain itu fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar tidak berfungsi dengan sebagaiman mestinya serta ‘terpotong’ ditengah jalan.bahkan saat ini pun kurikulum yang ada tidak pasti dpat berganti dalam waktu amat singkat dan membingungkan banyak kaum pelajar.
    Pada aspek pembangunan dilakukan belum merata keseluruh pelosok tanah air.banyak dibangun gedung-gedung pencakar langit,tapi masih banyak pula pemukiman kumuh dan terasing.Bahkan dana perbaikan serta sosialisasi untuk kehidupan pun tak jelas adanya.Banyaknya ‘ketimpangan’ didalam kehidupan sosisal adnya jarak antara si’kaya’ dan si’miskin’.Setiap waktu jeda pun criminal tejadi dimana-mana,tidak hanya itu .Kriminal juga bisa terjadi dikalangan opnum negar.Yang mana sudah menjadi rahasia umum ini,kita seakan ber”SANDIWARA” tidak peduli akan nasib negara ini yang makin lama makin buruk hingga hukum,tata norma,serta kode eik pun tak ada nilainya lagi.
    Cobalah tengok keluar sana apakah kita sudah berusaha menjadi saudara yang baik untuk sesama?jangan jadikan kita ini hanya sebagai warga negara yang baik saja.Sekarang sudah banyak korban dari’kesewenagan’para penguasa dan bisa saja itu terjadi pada diri kita sendiri.
    Saat ini kita hanya bisa berharap semua keterpurukan ini bisa berlalu dengan cepat.Tapi upayakanlah ‘kemajuan’itu mulai dari kita sendiri,dengan sadar akan hak dan kewajiban kita masing-masing dan dukung setiap kebijakan pemerintah.Karena kita adalah mahluk sosial yang hidup saling berdampingan dan tidak terlepas dari yang lain.

  31. BERBAGI DENGAN SAHABAT

    Siapa sih yang gak pengen punya sahabat…? Pasti kebanyakan dari kamu semua sudah punya sahabat kan…? Kalo kamu belum punya sahabat, mendingan dari sekarang kamu cari deh. Tapi kamu gak bisa sembarangan mencari sahabat lo, soalnya mencari sahabat yang baik itu sebenarnya agak susah-susah gampang.
    Sudah tahukah kamu bagaimana sahabat yang baik itu…? Menurutku, sahabat yang baik itu adalah seseorang yang bisa kita ajak buat berbagi cerita, baik itu cerita happy ataupun cerita sedih. Selain itu, sahabat yang baik menurut pendapatku adalah seseorang yang bisa memberikan saran kepada sahabatnya, ketika sahabatnya tersebut sedang ada dalam suatu masalah dan seseorang tersebut juga dapat kita percaya untuk menyimpan rahasia kita.
    Anak-anak seumuran kita biasanya mempunyai banyak masalah, dan persoalan yang paling sering muncul adalah masalah percintaan. Contohnya saja aku, ketika aku baru putus dengan pacarku, aku pasti akan secepatnya mencari sahabat untuk berbagi cerita, dan kalau aku sedang jomblo, biasanya aku meminta sahabatku untuk mencarikanku pacar yang baru. He..he.. Karena hanya sahabatku lah yang tahu bagaimana kriteria cowo yang kusukai.
    Sebenarnya sih keluarga juga bisa menjelma menjadi sahabat. Bahkan kita akan merasa lebih enak jika kita menjadikan keluarga kita akan lebih banyak tahu tentang diri kita.
    Nah…sering-seringlah dari sekarang berbagi cerita kepada sahabat atau keluargamu, karena rasanya kita tidak mungkin dapat memendam masalah yang kita hadapi sendirian. Dan satu lagi, sahabat yang baik tidak mungkin akan bosan mendengarkan semua cerita dari sahabatnya.

  32. ME, MY FAMILY, ‘N MY LIFE

    Hidup….
    Ada kalanya di dalam hidup kita, kita akan merasakan yang namanya kebahagiaan. Tetapi, pada satu titik di dalam hidup kita itu kita pasti pernah merasakan kejenuhan, kemarahan, kemurkaan, dan pahitnya hidup. Nah, hal itulah yang selama ini kurasakan.
    Apa kalian pernah merasakan yang namanya “TERLALU DIKEKANG”? Dikekang, adalah kata yang yang sangat-saaaaaangat akrab denganku. Aku masih belum mengerti kenapa aku sangat dikekang oleh kedua orangtuaku.
    Sebelum kakakku yang paling tua datang, aku tidak pernah terlalu dikekang ibuku. Tapi setelah dia datang, segalanya berubah. Dia selalu saja terlalu ingin ikut campur urusan orang. Dia juga merupakan spesies yang nggak bias berbagi, makhluk gaib, sadako, tuyul, jin (eemmm…, kayaknya nggak nyambung deh. Hehe..). Pokoknya yang paling , teramat, sangat, and the most important thing is:
    “DIA TUH NYEBELIIIIIIIN BUANGET!!”
    Pernah satu kali saat aku kepengen pinjam flashdisk punya dia, eh tau-tau dia nggak mau minjemin. Malahan dia ngomel dan terus ngomel. Padahal tuh benda kan belum sempat aku pinjam. Barangnya belum di pinjem aja udah segitu emosinya. Apalagi kalau flashdisknya udah keburu kupinjem duluan, bisa-bisa aja tuh orang langsung gila. Mungkin banget kan?
    Kakakku itu juga-mungkin-adalah orang yang saaaaaangatttt nggak berguna, kerjaannya cuman ngebuat orang lain menderita aja. Contohnya kayak gini: Kemaren kan adikku minta ajarin fisika sama kakakku, tapi biasa lah, monyet yang satu itu nggak mau. Alasannya sih bego banget, dia bilang, ”Oh, aku nggak bisa kalo pelajaran fisika. Kalo aku bisa juga aku nggak bakalan mau ngajarin kau.” Terus dia ketawa deh. Emang apa gunanya gelar sarjana dokter muda yang dia punya? Ckckck… Terus dia ngomong, ” minta ajarin susi-aku dipanggil susi kalo di rumah-aja.” Halooo…, monyet gunung aja tau kali kalo aku nih sudah kelas tiga SMA, perlu banyak belajar lagi, belum lagi les sampai sore yang bikin badan rontok semua. Tapi karena aku orangnya baik (hehe…, narsis nih ceritanya), maka dengan senang hati aku rela saja ngebantuin adikku itu.
    Oh iya, satu lagi bukti kenapa nggak bergunanya dia. Berhubung adikku nggak bisa bawa motor, maka kemana-mana otomatis dia harus dianter. Aku kan les sampai sore nih, makanya dia nggak bisa kemana-mana, karena nggak ada yang bisa nganterin dia. Mamaku juga guru kelas 3 SMP, jadi otomatis juga harus ngajarin anak murid sampai sore. Nah, disinilah letak ke-nggak bergunaan kakakku itu. Dia sama sekali nggak mau nganterin adiknya sendiri. Padahal apa susahnya sih bantuin adik sendiri? Nggak ada kan. Sama saudara sendiri aja dia udah segitu pelitnya, apalagi kalo sama orang lain. Aku kadang-kadang mikir, dia tuh sebenernya dilahirin dari apa sih, batu? Kayaknya beneran dari batu deh.
    Bukan hanya kakakku, aku juga sering sebel sama ayahku. Dia tuh doyan banget sok ngatur-ngatur jalan kehidupan anaknya. Segalanya harus sama persis kayak apa yang dia pengen. Mulai dari milih jurusan, kuliah, dan lain sebagainya harus nurut sama apa yang ayahku pengen.
    Ayah dan ibuku adalah orang yang terlalu parno dan tukang kekang. Mereka nggak ngijinin aku buat jalan bareng teman-temanku, nggak boleh ikut basket, nggak boleh lagi ikut nari, kalau aku nulis novelku, aku pasti diomelin. Padahal kan aku nulisnya pas lagi santai aja, dan kenggak bolehan yang lain lagi. Kata teman-temanku sih itu tanda mereka sayang aku. Tapi, hello.., masa segitunya sih. Kapan dong aku bisa ngembangin diri?
    Kalau adikku sih anaknya suka merintah, tapi dia masih mendingan, karena aku juga sering merintah dia. Kan impas tuh, ceritanya.
    Yah, well… Biar gimanapun juga itulah keluarga yang kupunya. Hanya kepada merekalah aku mendapatkan perlindungan yang terbaik.
    Anakmu bukan milikmu
    Putri sang hidup yang rindu pada diri sendiri
    Lewat engkau mereka lahir,
    Tapi bukan dari engkau
    Berikan mereka kasih sayangmu
    Tapi jangan sodorkan bentuk pikiranmu
    Sebab pada mereka ada dalam pikiran tersendiri
    Kau boleh berusaha menyerupai mereka
    Tapi jangan membuat mereka menyerupaimu
    Sebab kehidupan tak pernah berjalan mundur
    Pun tenggelam di masa lampau
    Kaulah busur dan anak-anakmulah anak panah yang meluncur
    Sang Pemanah mahatahu sasaran bidikan keabadian
    Meliuklah dengan sukacita dalam rentangan Sang Pemanah
    Sebab Dia mengasihi anak panah yang meluncur laksana kilat
    Sebagaimana dikasihi-Nya pula busur yang mantap
    (Sang Nabi-Gibran)

  33. Dia diciptakan !!! Menyakiti?? Disakiti??

    “Hidup itu indah bila kau tahu!” Itulah kutipan lagu Chrisye. Akan tetapi seperti kalian ketahui, ternyata kehidupan itu, walaupun kita tahu tidak akan pernah indah.

    Wanita?
    Apakah kamu suka dengan wanita?
    Apakah wanita bisa membuat para pria bahagia?
    Wanita adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki perasaan yang labil. Ketika kita menyayangi dan mencintai dia sepenuh hati, ada dua kemungkinan yang bakal terjadi.

    Kemungkinan yang pertama adalah kita akan menyakitinya tanpa menghiraukan perasaan dia. Akan tetapi, bagiku bukan pria yang salah melainkan wanita yang mengakibatkan hal itu terjadi. Wanita terlalu bersifat manja dan egois, selalu ingin dimengerti tanpa mau mengerti.

    Kemungkinan yang kedua adalah dia diciptakan untuk menyakiti kita. Semula sifat wanita selalu lembut ketika di depan pria, padahal kenyataannya dia memiliki topeng yang menyembunyikan kejam dan tajam yang kapanpun dan di manapun, cepat atau lambat, topeng itu akan terbuka dan melukai perasaan pria dengan penuh kenaifannya.

    Mana yang pantas menurut kalian, disakiti atau menyakiti? Ya pasti menyakitilah jawabanya. Janganlah kalian membiarkan hati dan perasaan kalian dimiliki oleh wanita. Akan tetapi, milikilah perasaan dan hatinya agar kita dapat demgan mudah memanfaatkan semuanya.

    Dengan semua itu, bukan berarti aku membenci dia selamanya, aku akan menunggu sampai semua itu bisa berubah.

  34. BERENANG?! OH NO…

    Berenang….!!!
    Adalah satu kata yang sangat menyenangkan bila kita dengar, apalagi kalau kita lakukan. Berenang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi kebanyakan orang. Bukan hanya untuk bersenang-senang, berenang juga-kata orang sih-dapat membuat diri kita lebih tinggi. Waaah, pastinya senang sekali ya. Seperti kayak di iklan iklan, ” Segernya dapet, tingginya dapet…”
    Tapi….sayangnya perasaan seneng toe gak bisa q rasakan… huhu.. tahu kenapa?? Haha…
    Yupz…bener sekali..sayangnya q gak bisa berenang…padahal dah sering banget q belajar nyoba bwt berenang…pie…yah entah karena takdir ato mank nasibku yang gi jelek..mpe sekarang q msh gak bisa berenang.huhu..
    Sebenernya sih aku bisa satu gaya renang, yaitu ”gaya batu” yang sekali nyemplung ke air langsung kelelep.
    Aku kadang kadang sering diejek temanku karena nggak bisa berenang, tapi aku sih cuek-cuek aja. Yang penting q masih bisa idup.toh gak bisa berenang gak bwt qt mati kan…hehe(alasan klasik), pie entah kenapa setali tiga uang…ma olokan temen-temen q..ternyata di suatu tez seleksi perusahaan yang saat neyh q turut serta mendaftarkan diri disana..(huh..sok formal banget deh..) ternyata mewajibkan pendaftarnya tuk bisa berenang….huhu..truz gimana donkz nasibku….yach q tetap ikut serta..paling gak bwt meramaikan aja degh…hehe…
    Yach apa mau dikata..gak bisa ”Berenang” ya udah degh… Bagiku yang penting cuman satu, biar nggak bisa berenang, yang penting kan happy selalu. Ha-ha… Ya nggak?

  35. Persepsi Masyarakat Tentang Hacker

    Hacker ! Sebagian masyarakat mungkin telah mengenal siapakah hacker. Mereka adalah penjahatnya dunia maya bukan ? Itulah kata – kata yang sering diucapkan oleh masyarakat luas. Padahal mereka sebenarnya salah besar.

    Biasanya masyarakat menggambarkan hacker sebagai orang jahat dan suka merusak sitem komputer melalui internet. Sebenarnya mereka salah, “Anak” yang duduk di belakang komputer berjam-jam, masuk ke sistem dan men-delete, berbelanja menggunakan kartu kredit curian atau menghancurkan apa saja yang bisa mereka hancurkan. “Anak” ini dikenal sebagai cracker bukan sebagai hacker. Craker inilah yang sering disebut orang dengan hacker. Hacker yang betul sebenarnya tidak seperti yang ada dalam pikiran masyarakat.

    Hacker menurut Eric Raymond di definisikan sebagai programmer yang pandai. Sebuah hack yang baik adalah solusi yang cantik kepada masalah programming dan “hacking” adalah proses pembuatan-nya. Ada beberapa karakteristik tentang hacker yang saya temukan disebuah majalah, yaitu (1) dia suka belajar detail dari bahasa pemrograman atau system, (2) dia melakukan pemrograman tidak cuma berteori saja, (3) dia bisa menghargai, menikmati hasil hacking orang lain, (4) dia dapat secara cepat belajar pemrogramman, dan (5) dia ahli dalam bahasa pemrograman tertentu atau sistem tertentu, seperti “UNIX hacker”. Di majalah tersebut saya juga menemukan aturan dan etika seorang hacker. Dari situ saya berpikir tidak mungkin seorang hacker betulan mau menghancurkan sistem suatu komputer ataupun melakukan kejahatan yang biasanya kita kenal. Orang yang melakukan kejahatan tersebut hanya ingin menjadi seorang hacker yang terkenal karena kejahatannya. Biasanya perusahaan software akan sangat berterima kasih akan masukan dari para hacker, karena dengan adanya masukan ini software yang mereka buat menjadi semakin baik. Memang kadang software yang dimintai masukan kepada para hacker tidak langsung di terima oleh perusahaan software, tapi di tahan oleh komunitas para hacker sampai digunakan oleh para pembuat kekacauan atau yang disebut oleh Komunitas “Underground” sebagai “Lamers”.

    Persepsi tentang hacker dimasyarakat luas harus diluruskan. Karena para hacker sejati tidak pernah melakukan kejahatan di dunia maya. Hacker yang sebetulnya adalah orang yang membuat program demi kebaikan dirinya maupun orang lain. Salah seorang hacker yang saya kenal di Indonesia sekarang bekerja di perusahaan Telkomsel

  36. OVERPROTECTIVE

    Apa sih overprotective itu? Kenapa banyak orang yang overprotective? Enak ga punya keluarga/pacar yang mempunyai sifat overprotective? Mungkin kita semua tahu overprotective itu apa? Overprotective adalah sikap seseorang yang suka mengekang kehendak orang lain. Pasti ga enak banyak punya keluarga/pacar yang overprotective. Mau ini ga boleh, mau itu juga ga boleh. Cape deh!

    Zaman sekarang banyak sekali orang yang mempunyai sifat overprotective. Mereka yang mempunyai sifat itu membuat orang yang di sekelilingnya menjadi takut untuk mendekati. Bukan hanya takut mendekati tapi juga takut untuk curhat.

    Salah satu keluarga kita mungkin mempunyai sifat overprotective. Mereka terkadang melarang anaknya untuk pacaran ketika masih sekolah. Padahal anak mereka juga ingin merasakan gimana sih rasanya pacaran itu? Bagi anak meraka pacaran ketika masih sekolah sangat menyenangkan. Bisa ngerasain FRIST LOVE alias Cinta Pertama. Dengan mereka pacaran, meraka dapat saling mengenal antar lawan jenis. Keluarga mereka hanya memikirkan kehendak mereka tanpa memikirkan kehendak si anak. Anak –anak meraka bisa saja pacaran dengan cara backstreet. Toh sah – sah saja. Dari pada mereka iri dengan temen – temennya yang sudah punya pacar. Mereka juga bias nerasakan pahit dan manisnya pacaran. Meraka juga bisa merasakan enak pacaran. Dari pada mereka menjadi stress karena tekanan dari keluarga.

    Keluarga yang overprotective sering tidak bisa diajak curhat oleh anak – anaknya. Akibatnya anak lebih mempercayai teman dari pada orang tua sendiri. Orang tua juga bisa dijadikan teman curhat buat anaknya. Sehingga orang tua tau masalah apa yang sedang dihadapi anak mereka?

    Namun ada juga keluarga yang memperbolehkan anak mereka untuk pacaran, asal jangan lupa belajar. Agar pelajaran di sekolah tidak terabaikan.

    Dari pengalaman yang saya temukan dalam kehidupan sehari – hari hanya sedikit orang tua yang bisa diajak curhat oleh anaknya. Mengapa demikian? Mungkin orang tua mereka terlalu sibuk,orang tua mereka tidak tau perkembangan anak remaja sekarang atau si anak takut salah bicara kepada orang tuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s